Filter Udara Suzuki RMK

Mari Mengenal Apa Fungsi Filter Udara Mobil dan Motor

Setiap mesin pada mobil atau motor pasti dilengkapi dengan filter udara. Tahukah Anda apa fungsi filter udara secara keseluruhan? Sebagai pemilik kendaraan, sangatlah penting untuk tahu apa fungsi dari komponen ini.

Sesuai dengan namanya, filter udara memiliki fungsi untuk menyaring udara yang masuk ke dalam ruang bakar. Udara yang digunakan dalam proses pembakaran harus benar-benar bersih sehingga tidak menyumbat sistem injeksi atau karburator. 

Oleh karena itulah komponen ini tidak boleh dilepas dari mesin mobil atau motor. Mengenal apa saja fungsi saringan udara pada kendaraan ini sangat penting untuk mendukung supaya perawatan yang dilakukan benar. 

Apa saja fungsinya dan apa tanda kerusakan pada filter yang harus diwaspadai? Anda bisa menyimaknya di sini. 

5 Macam Fungsi Filter Udara Mobil serta Motor

Filter udara berada di bagian atas mesin dan tertutup dalam rumah filter. Nantinya akan mengalirkan udara ke ruang bakar. Rumah filter juga dilindungi oleh klep, tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya kebocoran. 

Performa yang dimiliki oleh kendaraan akan tergantung pada kebersihan komponen ini. Hal ini mengingat ada beberapa fungsi filter udara yang perlu diperhatikan sebagai berikut. 

1. Menyaring Udara

Diciptakan untuk menyaring udara, itulah peranan utama yang dimiliki oleh filter udara. Tenaga mesin dihasilkan karena adanya pembakaran yang dibantu oleh udara. Jenis udara yang digunakan perlu disaring terlebih dahulu karena memiliki kandungan kotoran. 

Baik debu, pasir atau kotoran lainnya nantinya akan menempel pada filter sehingga tidak masuk ke ruang bakar. Ketika terdapat kotoran dalam udara yang masuk ke ruang bakar, maka akan membuat proses pembakaran tidak sempurna. 

Inilah fungsi filter udara motor dan juga mobil yang tidak boleh terlupakan sehingga perawatannya harus terus diperhatikan. 

2. Menjaga Ruang Bakar Tetap Bersih

Fungsi filter udara lainnya adalah supaya ruang bakar bisa tetap terjaga kebersihannya. Ruang bakar adalah bagian yang tidak bisa dibersihkan secara langsung oleh teknisi. Sehingga bahan yang masuk di dalamnya seperti udara dan juga bbm perlu dijaga kualitasnya. 

Kotoran bisa masuk bersamaan dengan udara atau kualitas bahan bakar yang rendah. Padahal jika kotoran banyak yang masuk ke ruang bakar akan mengganggu proses pembakaran menjadi tidak maksimal. 

Komponen ini juga akan menjaga masalah teknis lainnya. Karena kotoran tak hanya membuat ruang bakar bermasalah, tetapi juga mampu menyumbat di beberapa bagian mesin. Apabila terjadi sumbatan, maka biaya yang harus dikeluarkan lebih banyak lagi untuk perbaikan. 

3. Menghindari Kemunculan Karat

Udara tidak hanya mengandung kotoran tetapi juga mengandung air. Kelembaban dalam udara tidak boleh masuk ke dalam ruang bakar karena akan menciptakan oksidasi pada komponen mesin mobil dan motor. 

Selain itu air hujan juga mudah masuk yang perlu dicegah oleh filter udara. Jadi selain kotoran, komponen ini juga akan menahan air sehingga kondisi ruang bakar dan mesin tetap kering. Korosi sangat berbahaya bagi mesin dan jika sudah muncul akan mempengaruhi area lainnya. 

Apabila Anda menjaga kondisi dari filter udara tetap baik, maka oksidasi tidak akan terjadi dan karat tidak muncul. 

4. Mencegah Timbulnya Kerak

Selain karat, masalah yang sering muncul adalah kerak pada mesin. Fungsi filter udara adalah mencegah timbulnya kerak tersebut yang dibawa oleh kotoran dalam udara serta gerakan dari piston dan klep . 

Ketika kotoran tersebut menumpuk dan mengeras, maka akan semakin sulit dibersihkan. Ketika filter udara bisa bekerja sesuai dengan fungsinya, maka masalah kerak ini akan bisa dihindari. 

Anda juga tidak kesulitan dalam membersihkan kotoran karena akan lebih mudah untuk dihilangkan secara rutin. 

5. Menjaga Kondisi Motor Tetap Bertenaga

Apakah Anda sering merasa mesin kurang bertenaga? Mungkin saja masalahnya terdapat pada filter udara yang kotor. Fungsi dari filter adalah menyaring kotoran dari udara yang perannya sangat besar untuk menjaga pembakaran tetap terjadi dengan baik. 

Pembakaran yang bagus akan membuat mobil dan motor tetap bertenaga. Maka menjaga kebersihan dan kualitas filter udara dapat mempengaruhi tenaga yang dihasilkan oleh mesin. 

Selain masalah pada filter udara, mesin motor atau mobil yang tidak bertenaga juga disebabkan oleh setelan karburator atau kondisi accu yang rusak. 

Filter Udara

5 Tanda Kerusakan pada Filter Udara dan Harus Diganti

Kapan waktunya Anda harus mengganti filter udara? Komponen ini termasuk yang memiliki umur pakai, sehingga memiliki waktu penggantian berkala. Anda tidak bisa hanya membersihkannya setiap saat. 

Beberapa produsen mobil menyarankan untuk menggantinya jika sudah menempuh jarak 30.000 – 40.000 km. Namun harus tetap disesuaikan juga dengan medan yang dilewati sehari-hari. 

Misalnya saja jika terlalu sering melewati area offroad, maka penggantian perlu dilakukan setiap 20.000 – 25.000 km. Berbeda dengan mobil, filter udara motor perlu diganti saat mencapai 16.000 km untuk jenis filter busa. 

Jika menggunakan filter jenis kertas, maka saat jarak tempuh mencapai 8.000 – 10.000 km harus segera diganti. Namun apabila motor jarang digunakan maka filter udara sebaiknya diganti 6 bulan sekali. 

Apa yang terjadi jika fungsi filter udara tidak bisa bekerja semestinya karena kotor? Untuk tahu apakah kendaraan perlu mengganti komponen ini, Anda bisa memperhatikan beberapa tanda berikut ini.

Bahan Bakar Lebih Boros

Tanda pertama yang akan sangat terlihat adalah bahan bakar yang digunakan lebih boros dari sebelumnya. Pembakaran yang tidak sempurna akibat kotoran yang tidak tersaring dengan baik akan mengakibatkan pasokan bahan bakar berlebihan. Jadi konsumsi bbm yang tadinya irit kini jadi lebih boros. 

Mengecek Kondisi Fisik Filter

Pada saat Anda melakukan servis atau bisa juga dilakukan di rumah, cek bagaimana kondisi dari filter udara. Apabila Anda sudah merasakan bahwa mobil atau motor lebih boros, cobalah membuka rumah filter dan mengecek kondisi filter. 

Apabila komponen ini berubah menjadi warna hitam artinya banyak kotoran menumpuk yang harus dibersihkan. Jika filter basah, maka harus segera diganti.

Muncul Asap dari Knalpot

Motor dan mobil seharusnya tidak mengeluarkan asap warna putih apalagi hitam dari knalpot. Jika muncul, artinya terdapat masalah pada filter udaranya. Hal ini disebabkan pembakaran tidak dilakukan dengan benar. 

Akibatnya muncul asap tebal dari knalpot yang akan sangat mengganggu saat berkendara. Selain itu juga membahayakan kondisi mesin lainnya. 

Perhatikan ketiga tanda ini yang bisa menjadi ciri bahwa filter udara mobil atau motor Anda perlu penggantian. Apabila tanda tersebut muncul, hindari untuk mengganti atau membersihkan filter udara sendiri. 

Anda bisa memperbaikinya langsung ke bengkel resmi Suzuki terdekat supaya langsung ditangani oleh teknisi ahli.

Sosial Media

Kunjungi selalu sosial media kami untuk melihat promo produk yang masih berlaku saat ini. Konten-konten serta informasi menarik lainnya akan selalu kami Update pada sosial media kami.

Hubungi Hotline Kami Di

Temukan Mobil Suzuki Yang Tepat Untuk Anda !

Rencanakan pembelian mobil Suzuki idaman Anda dengan baik, konsultasikan dengan wiraniaga kami. Wiraniaga kami siap mambantu anda dalam memilih solusi terbaik. Kami akan selalu berkomitmen memberikan pelayanan terbaik untuk anda, baik before maupun after sales.

Kami melayani pembelian unit secara cash dan kredit dengan leasing terpercaya di kota Anda. Untuk mengetahui simulasi kredit Anda bisa melakukan registrasi terlebih dahulu pada form Simulasi Kredit. Klik tombol di bawah, masukan nama dan nomer telephone atau handphone Anda dengan benar. Agar wiraniaga kami bisa menghubungi Anda. Wiraniaga kami siap membantu anda dalam malakukan proses kredit dengan leasing-leasing terpercaya di kota Anda.

Catatan: Standar dan pilihan perlengkapan yang tersedia mungkin berbeda di pasaran. Tanyakan pada dealer Anda, apakah spesifikasi dan ilustrasi yang merujuk ke model tersedia di daerah. SUZUKI berhak untuk mengubah harga, warna, bahan, perlengkapan, dan model, serta menghentikan model tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: