knalpot suzuki RMK

Banyak Yang Belum Tahu, Ini Fungsi Knalpot Sebenarnya

Mengenal 5 Fungsi Knalpot yang Jarang Diketahui

Knalpot sendiri adalah salah satu bagian dari kendaraan atau alat yang dipasang dengan tujuan sebagai saluran akses pembuangan. Setiap mesin pembakaran yang terdapat dalam kendaraan mengeluarkan sisa hasil pembakaran yang perlu dikeluarkan. 

Sisa hasil pembakaran tersebut akan dibuang melalui knalpot yang berbentuk pipa. Oleh karena itulah knalpot selalu diletakkan di bagian belakang kendaraan dan menghadap ke belakang. Karena ada banyak sisa pembakaran. 

Sistem kerjanya sendiri sudah ada sejak lama dan menduplikasi dari mesin-mesin industri yang memanfaatkan cerobong untuk mengeluarkan asap. Kini ada banyak fungsi knalpot pada motor yang tak dapat disepelekan. 

Meskipun pipa ini berbentuk kecil tapi perannya sangat besar terhadap kendaraan. Apa saja itu? 

1. Meredam Suara dari Ruang Bakar

Fungsi yang pertama dan tak dapat dipungkiri adalah kemampuannya dalam meredam suara bising dari ruang bakar. Pada saat udara bercampur dengan bahan bakar di ruang bakar akan muncul ledakan dan tentu saja terjadi suara bising yang memekakkan telinga. 

Oleh karena itu ketika knalpot dilepaskan, suara yang sangat mengganggu akan terdengar. Sedangkan ketika knalpot dipasang suara tersebut justru hilang. Hal inilah yang terjadi pada jenis-jenis kendaraan modern. 

Lalu bagaimana dengan motor yang suaranya sangat kencang? Pertama mungkin saja terjadi kebocoran pada knalpot. Kedua knalpot sengaja dilepas agar menimbulkan suara bising. Jadi jika Anda mendengar suara motor yang bising bukan berarti salah dari knalpotnya. 

2. Meningkatkan Tenaga yang Dimiliki Kendaraan

Walaupun tidak mutlak, namun knalpot berpotensi untuk bisa meningkatkan tenaga pada kendaraan. Hanya saja cara ini berfungsi dengan baik jika knalpot didesain dengan tepat dan penambahan bahan yang sesuai. Knalpot perlu disesuaikan juga dengan mesin. 

Hal ini paling sering diterapkan pada kendaraan motor 2 tak yang memiliki fungsi gaya balik pada gas buang berkat adanya chamber. Teknologi motor 2 tak juga tidak memiliki katup ex.

Chamber sendiri berfungsi untuk memutar gas masuk dan buang saat proses pembakaran berlangsung. Jika knalpot yang dipasang bisa menyesuaikan dengan mesin, maka power tersembunyi dalam motor Anda bisa ditingkatkan. 

3. Menjadi Aksesoris atau Pemanis Kendaraan

Fungsi knalpot lainnya adalah sebagai ornamen kendaraan. Anda bisa melihat pada beberapa kendaraan yang dimodifikasi, knalpot juga ikut diganti. Ada yang menggunakan bahan chrome bahkan ukurannya bervariasi. 

Tak sedikit juga dalam ajang kontes modifikasi kendaraan bermotor, knalpot menjadi salah satu penilaian. Kesesuaian desain knalpot dengan keseluruhan kendaraan menjadi poin penting sehingga para pemilik kendaraan memilih yang tepat. 

Beberapa knalpot bahkan dipesan secara custom mengikuti keinginan pemilik kendaraan. 

4. Berfungsi untuk Mengurangi Polusi Udara

Sisa pembakaran mengandung karbondioksida yang dilepaskan ke udara. Kandungan ini sangatlah berbahaya bagi lingkungan dan menjadi sumber polusi. Kini knalpot juga difungsikan sebagai alat untuk mengurangi polusi. 

Terdapat teknologi catalytic converter yang fungsinya mengkonversi karbon dari sisa pembakaran. Dengan begitu setiap kendaraan bisa digunakan lebih efisien dan polusi udara pun berkurang. 

5. Bermanfaat untuk Mengurangi Berat Kendaraan

Fungsi yang terakhir adalah kemampuannya dalam mengurangi bobot kendaraan. Beberapa jenis knalpot yang jadi standar dari pabrikan menggunakan material dan dimensi yang bervariasi. 

Penggunaan knalpot yang ringan akan membuat kendaraan jadi bisa berakselerasi menggunakan handling lebih bagus. Kebanyakan jenis knalpot ini digunakan untuk kendaraan yang performanya tinggi.

Bagian-Bagian dari Knalpot Kendaraan

knalpot

Selain mempelajari fungsinya, Anda juga perlu tahu apa saja bagian yang ada di dalamnya. Tujuannya adalah untuk mempermudah Anda nantinya dalam proses perawatan. Berikut ini beberapa bagian yang dimiliki knalpot.

1. Header

Bagian ini langsung tersambung dengan mesin kendaraan. Jumlah dari header sendiri tergantung pada jumlah silinder yang dimiliki oleh kendaraan. Fungsi dari header adalah untuk menghubungkan sistem knalpot secara keseluruhan. 

Khususnya dalam sistem gas buang yang merupakan sisa dari hasil pembakaran mesin di ruang bakar. 

2. Resonator

Bagian yang kedua ini merupakan saringan yang fungsi utamanya adalah untuk menyaring suara bising ketika terjadi pembakaran. Semua ledakan akan disaring melalui resonator. 

Apabila bagian ini dihilangkan maka Anda akan mendengarkan suara yang sangat mengganggu, meskipun knalpot masih terpasang.

3. Silincer

Bagian terakhir adalah silincer yang fungsinya juga mirip dengan resonator hanya saja letaknya berbeda yaitu di ujung untuk motor. Sedangkan kendaraan roda empat memiliki letak silincer yang terpisah dengan resonator. 

4. Chamber

Di atas sudah disebutkan soal chamber yang jadi bagian dari knalpot dan bisa menjadikan tenaga kendaraan meningkat. Chamber hanya terdapat pada motor 2 tak saja. 

Cara Merawat Knalpot dengan Benar

Sebagai pemilik kendaraan, bukan hanya fungsi knalpot yang harus Anda belajar tetapi juga bagaimana cara merawatnya. Ada beberapa perawatan yang bisa dengan mudah Anda lakukan sebagai berikut ini. 

1. Memanaskan motor dengan rutin

Jika Anda sering menggunakan kendaraan maka knalpot akan bersih dengan sendirinya. Sedangkan bagi Anda yang jarang menggunakannya, harus rutin memanaskan motor. Alasannya karena kotoran yang menempel bisa menjadi sumber karat di bagian dalam dan luar. 

Selain itu juga akan muncul bercak kuning akibat kotoran tersebut. Jadi akan lebih baik untuk rutin memanaskan motor agar kotoran tersebut tak terlalu lama menempel. 

2. Membersihkan lubang pada silincer

Tak lupa juga untuk rutin membersihkan lubang pada silincer setiap dua bulan sekali. Langkah ini perlu dilakukan untuk menjaga agar leher pada knalpot tidak mudah berkarat. 

Selain itu juga menjaga agar suara yang dikeluarkan oleh mesin tidak terlalu bising. Pasalnya peredam yang digunakan masih tetap berkualitas baik dan bisa bekerja dengan benar. 

3. Bersihkan karat dan oleskan oli

Apabila saat Anda sedang membersihkan ternyata muncul karat maka segera bersihkan. Anda bisa membersihkan dengan air sabun dan sikat kemudian keringkan. Setelah bersih langsung oleskan oli pada bagian leher knalpot. 

Terakhir panaskan kendaraan, tujuannya agar oli meresap ke bagian yang dioleskan dan tampilan jadi semakin bersih. 

4. Rutin mencuci kendaraan

Selain memanaskan dan membersihkan karat perawatan rutin yang tidak boleh dilewatkan adalah soal kebersihan kendaraan. Khususnya jika Anda sering melewati area kotor saat musim hujan. 

Debu dan kotoran bisa langsung bersih jika Anda rutin mencuci kendaraan. Jangan biarkan kotoran melekat dalam waktu yang lama. 

Sosial Media

Kunjungi selalu sosial media kami untuk melihat promo produk yang masih berlaku saat ini. Konten-konten serta informasi menarik lainnya akan selalu kami Update pada sosial media kami.

Hubungi Hotline Kami Di

Temukan Mobil Suzuki Yang Tepat Untuk Anda !

Rencanakan pembelian mobil Suzuki idaman Anda dengan baik, konsultasikan dengan wiraniaga kami. Wiraniaga kami siap mambantu anda dalam memilih solusi terbaik. Kami akan selalu berkomitmen memberikan pelayanan terbaik untuk anda, baik before maupun after sales.

Kami melayani pembelian unit secara cash dan kredit dengan leasing terpercaya di kota Anda. Untuk mengetahui simulasi kredit Anda bisa melakukan registrasi terlebih dahulu pada form Simulasi Kredit. Klik tombol di bawah, masukan nama dan nomer telephone atau handphone Anda dengan benar. Agar wiraniaga kami bisa menghubungi Anda. Wiraniaga kami siap membantu anda dalam malakukan proses kredit dengan leasing-leasing terpercaya di kota Anda.

Catatan: Standar dan pilihan perlengkapan yang tersedia mungkin berbeda di pasaran. Tanyakan pada dealer Anda, apakah spesifikasi dan ilustrasi yang merujuk ke model tersedia di daerah. SUZUKI berhak untuk mengubah harga, warna, bahan, perlengkapan, dan model, serta menghentikan model tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: