Remote Mobil Tidak Berfungsi, Suzuki RMK

Remote Mobil Tidak Berfungsi? Ini Cara Mengatasinya

Penyebab Remote Mobil Tidak Berfungsi dan Cara Mengatasi

Remote mobil tidak berfungsi membuat hati kesal dikarenakan dengan rusaknya alat tersebut akan menjadikan salah satu fitur mobil tidak berfungsi.

Fitur mobil yang tidak berfungsi karena remote mobil tidak berfungsi di antaranya: pintu dan alarm kendaraan.

Tidak berfungsinya kedua fitur tersebut akan menyita banyak waktu pemilik mobil. Anda tidak bisa masuk ke dalam mobil karena pintu tidak terbuka, dan atau tidak bisa mengaktifkan alarm keamanan mobil Anda.

Remote mobil tidak berfungsi perlu segera diperbaiki. Bila Anda perlu info terkait remote mobil yang error atau rusak, maka sudah tepat mencarinya di sini.

Di artikel ini akan membahas informasi seputar remote mobil tidak berfungsi mulai dari penyebabnya, hingga, cara memperbaikinya. Selamat membaca!

Fungsi Remote Mobil yang Perlu Diketahui

Kehadiran mobil yang dilengkapi dengan remote kini telah menjadi hal umum, mengingat manfaat dan fungsinya yang sangat berarti. Namun, pernahkah Anda memikirkan apa sebenarnya fungsi sebenarnya dari remote ini?

Meskipun secara umum remote mobil digunakan untuk mengunci mobil, sebenarnya objek kecil ini memiliki fungsi lain. Mobil-mobil terbaru biasanya dilengkapi dengan teknologi yang canggih, yang mana membuat mudah para pengguna untuk mengunci dan atau membuka pintu tanpa harus memasukkan kunci ke lubang kendaraan.

Dari jarak jauh, pintu mobil dapat dibuka dan ditutup menggunakan remote mobil. Di remote mobil, Anda tentu dapat melihat beberapa tombol yang memiliki fungsi masing-masing. Salah satu fungsi lain dari remote mobil adalah untuk menjaga keamanan sehingga Anda dapat menghindari gangguan dari orang lain yang dapat menyebabkan kerusakan atau kehilangan mobil.

Ada tombol dengan gambar speaker yang berfungsi sebagai alarm. Jika Anda menemukan tombol ini, akan terdengar seperti alarm atau pengingat. Suara yang dihasilkan juga cukup keras sehingga Anda dapat menggunakannya untuk mengusir pencuri dari rumah.

Ketika Anda mendengar suara yang mencurigakan, terutama di malam hari, Anda dapat menekan tombol alarm di remote mobil untuk menakuti para penjahat yang mencoba merampok rumah atau mencuri mobil.

Anda juga dapat menggunakan tombol tersebut untuk beberapa hal lain, seperti melokalisasi mobil.

Kadang-kadang, kita lupa dimana meletakkan mobil, terutama jika tempat parkir biasanya penuh. Hal yang sama juga dapat terjadi saat parkir di tempat yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya. Jika tiba-tiba Anda lupa di mana Anda memarkir mobil Anda, mengapa tidak menggunakan remote mobil yang Anda pegang? Dengan menekan tombol alarm, mobil akan berbunyi sehingga Anda tahu di mana mobil berada.

Penyebab Remote Mobil Tidak Berfungsi

Seiring dengan kemajuan teknologi, kini pemilik kendaraan otomotif dapat menggunakan remote untuk membuka pintu mobil mereka. Namun, remote tidak selalu berfungsi dengan baik. Jika remote mobil Anda tidak berfungsi, segera periksa untuk mengetahui penyebabnya. Dengan demikian, Anda dapat menggunakan remote kembali seperti biasa.

Lalu, apa saja penyebab tidak berfungsinya remote mobil? Berikut adalah beberapa alasan di balik masalah umum yang sering terjadi ini:

1. Baterai Remote Habis

Baterai remote mobil yang habis dapat menjadi penyebab remote mobil tidak berfungsi.

Remote mobil yang Anda gunakan setiap hari untuk memudahkan penggunaan dan menjaga keamanan mobil menggunakan daya baterai. Seperti baterai yang ada pada remote AC dan TV, baterai pada remote mobil juga akan habis seiring waktu dan penggunaan yang sering.

Baca Juga :  Fungsi Busi Pada Komponen Mobil

Jika remote mobil tidak berfungsi, Anda harus memeriksa baterainya. Sebenarnya, Anda dapat mengetahui apakah baterai sudah habis atau belum dengan melihat cahaya di remote yang tidak menyala saat tombol ditekan.

Cahaya remote yang tidak menyala bisa menjadi tanda atau indikasi untuk segera mengganti baterai. Dengan baterai baru yang Anda pasang, kini Anda dapat mencoba menggunakan remote mobil lagi. Jika kemudian cahaya menyala, berarti, sebelumnya, baterai sudah habis. Tentu saja, Anda tidak perlu khawatir karena ini bukan masalah besar melainkan hal yang normal terjadi.

2. Receiver Remote Rusak

Kerusakan atau remote mobil yang tidak berfungsi juga bisa disebabkan oleh beberapa alasan lain, seperti penerima remote yang rusak. Tidak ada produk yang dapat bertahan seumur hidup. Ini berarti remote mobil juga bisa rusak kapan saja, termasuk penerima remote.

Salah satu komponen yang tertanam di dalam remote mobil adalah receiver. Jika ada kerusakan pada komponen ini, kemungkinan besar remote mobil tidak bekerja seperti seharusnya.

Lalu, apa fungsi dari receiver? Komponen ini akan menerima gelombang dari remote ketika salah satu tombol ditekan. Kemudian, akan menginterpretasikan perintah untuk mengunci mobil. Kerusakan pada komponen penerima remote harus segera diperbaiki. Semakin Anda menunda perbaikannya, semakin lama Anda tidak dapat menggunakan remote kembali. Artinya, Anda harus menutup pintu mobil secara manual.

3. Frekuensi Remote Terputus

Mungkin masih banyak yang belum tahu bahwa ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi kinerja remote mobil yang mereka gunakan. Akibatnya, remote mobil tidak berfungsi bahkan setelah mengganti baterai.

Jika ini terjadi, berarti Anda harus mencari tahu penyebab kerusakan pada remote mobil lainnya.

Tahukah Anda? Area bergelombang elektromagnetik tinggi bisa mempengaruhi kinerja remote mobil. Oleh karena itu, masuk akal jika Anda tidak dapat mengunci pintu meskipun tidak ada kerusakan pada remote mobil.

Secara umum, daerah yang dimaksud tersebut berada di sekitar menara radio atau televisi, menara SUTET, dan sejenisnya. Untungnya, gangguan ini hanya bersifat sementara.

Ketika Anda berada di daerah lain, remote akan kembali berfungsi sehingga Anda dapat mengandalkannya untuk kenyamanan. Untuk mencegah hal seperti ini terjadi, pastikan untuk menghindari daerah dengan gelombang magnetik tinggi agar frekuensi remote mobil tidak terganggu.

4. Komponen Remote Rusak

Receiver bukanlah satu-satunya komponen pada remote mobil. Artinya, remote hanya akan berfungsi jika semua komponen berfungsi dengan baik. Dengan kata lain, jika ada kerusakan pada salah satu komponen lainnya, remote mobil tidak akan berfungsi.

Untuk menjaga setiap komponen dalam kondisi baik, hindari hal-hal yang dapat merusaknya, seperti menjatuhkan remote mobil. Remote yang sering tertekan dengan kuat juga dapat merusak remote sehingga Anda harus memperbaikinya atau bahkan menggantinya dengan yang baru.

5. Sering Disimpan di Saku

Apakah Anda sering menyimpan remote mobil di saku celana atau baju? Jika benar, segera ubah kebiasaan ini. Mengapa demikian? Ketika berada di dalam saku atau tempat yang tidak sesuai, tidak tidak mungkin remote akan sering tertekan, yang dapat menyebabkan remote mobil tidak berfungsi.

Baca Juga :  Cara Membersihkan AC Mobil

6. Remote Sering Terjatuh

Sering menjatuhkan remote mobil baik secara sengaja dan ataupun tidak, dapat membuat remote mobil tidak berfungsi. Apalagi bila remote mobil terjatuh dari tempat yang tinggi, lalu menghantam permukaan yang keras. Akibatnya, bisa saja sistem yang ada di dalam remote menjadi terganggu, sehingga remote mobil tidak dapat berfungsi secara maksimal.

Cara Mengatasi Remote Mobil Tidak Berfungsi

Ketika remote mobil tidak berfungsi, maka Anda harus mencari cara yang tepat untuk memperbaikinya. Tapi tunggu dulu! Seberapa seringkah Anda menekan atau memainkan remote? Sebaiknya Anda mengurangi kebiasaan ini. Tombol kunci yang sering Anda tekan dapat menyebabkan terputusnya koneksi antara mobil dan remote.

Remote mobil menggunakan pengirim 40-bit. Jadi, jika Anda terus menekannya bahkan hingga 257 kali, remote akan mencari kombinasi untuk membuka mobil secara otomatis. Kombinasi yang hilang dapat membuat remote mobil tidak berfungsi.

Ada beberapa cara untuk mengatasi remote mobil yang tidak berfungsi yang bisa Anda coba lakukan, yaitu:

Baca panduan atau manual

Pada dasarnya, membuka dan mengunci pintu mobil secara otomatis adalah fungsi dari remote mobil. Namun, pemilik kendaraan sering menghadapi masalah seperti remote mobil tidak dapat membuka pintu meskipun sebelumnya masih bisa digunakan.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ada beberapa hal yang menyebabkan kerusakan pada objek kecil ini. Jadi, ketika remote tidak berfungsi seperti seharusnya, coba baca panduan atau manual.

Manual biasanya memberikan informasi tentang cara mengatasi kerusakan pada remote mobil. Anda dapat menangani kerusakan kecil sendiri tanpa bantuan penyedia layanan remote mobil yang rusak. Ikuti setiap langkah tutorial yang dijelaskan oleh manual. Namun, bila remote masih belum berfungsi kembali, tidak disarankan membongkar remote. Tujuannya untuk mencegah kerusakan lebih parah dan risiko tak terduga lainnya.

Periksa Baterai Remote Mobil

Apakah Anda sudah memeriksa baterai saat remote mobil tidak berfungsi? Jika belum, segera lakukan. Bisa jadi remote mobil sebenarnya tidak rusak, melainkan perlu diganti bagian baterainya. Biasanya, objek kecil yang sering berada di genggaman tangan ini memiliki umur sekitar tiga tahun.

Untuk memeriksa kondisi baterai, coba tekan tombol alarm. Bunyi yang lemah menunjukkan bahwa Anda perlu segera mengganti baterai remote mobil. Untuk melakukannya, buka penutup baterai yang berada di bagian belakang menggunakan obeng. Kemudian, pilih baterai sesuai dengan jenis baterai pada mobil Anda.

Baterai mobil, secara umum, memiliki dua model baterai, yaitu konvensional berukuran A27 dan bermodel datar CR2016.

Periksa Fungsi Setiap Tombol pada Remote

Selain memeriksa baterai, Anda juga dapat memeriksa setiap tombol pada remote. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah tombol masih berfungsi atau tidak. Jika ada tombol tertentu yang tidak berfungsi meskipun Anda sudah mengganti baterai remote, mungkin ada kerusakan pada tombol remote.

Untuk memperbaikinya, perhatikan jalur kabel. Buka remote dan lihat apakah ada kabel yang longgar atau lepas. Kerusakan terjadi karena arus listrik tidak terhubung, sehingga Anda harus menghubungkan kembali kabel yang terputus.

Baca Juga :  RMK Peduli Covid - 19

Periksa Jalur Kabel

Cara berikutnya untuk memperbaiki remote mobil yang tidak berfungsi adalah dengan memeriksa jalur kabel. Umumnya Anda bisa melakukannya jika Anda tidak dapat menggunakan remote meskipun baru saja mengganti baterai remote.

Kerusakan pada jalur kabel dapat menyebabkan tombol remote tidak berfungsi. Ini berarti salah satu fungsi remote terganggu. Misalnya, lampu remote menyala dan alarm berbunyi tetapi pintu mobil tidak bisa dikunci.

Solusi untuk masalah ini adalah mendapatkan unit remote baru. Biasanya, bengkel mobil terdekat menawarkan produk yang Anda cari. Dengan begitu, Anda dapat kembali menggunakan remote mobil seperti biasa.

Lakukan Pengecekan Frekuensi di Sekitar Mobil

Ada hal-hal yang mempengaruhi fungsi remote, yaitu frekuensi di sekitar mobil. Mobil yang Anda parkirkan di sekitar menara SUTET atau menara pemancar radio bisa membuat remote mobil tidak berfungsi.

Untuk masalah ini, Anda tidak perlu melakukan layanan apa pun. Cukup dekatkan remote ke mobil dan tunggu hingga remote kembali berfungsi dengan normal. Atau Anda dapat memilih tempat parkir mobil yang lebih jauh dari daerah menara.

Lakukan Servis Remote Mobil di Bengkel

Ketika remote mobil tidak berfungsi, tentu saja Anda tidak bisa menggunakannya. Jika Anda tidak dapat memperbaikinya sendiri karena beberapa pertimbangan, segera pergilah ke bengkel yang menyediakan layanan perbaikan remote mobil.

Biaya layanan mobil terkait remote di bengkel bervariasi. Jadi, sebaiknya Anda terlebih dahulu menanyakan informasi harga layanan. Namun, secara umum biayanya berkisar antara 150 ribu hingga 300 ribu rupiah.

Sementara proses perbaikannya relatif cepat. Remote akan kembali berfungsi dalam waktu sekitar dua jam. Namun, pastikan Anda pergi ke bengkel mobil online terdekat dan terpercaya yang profesional sehingga Anda tidak salah memilih dan tidak menyesal nantinya.

Cara Mengatasi Remote Mobil Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Remote Mobil Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Remote Mobil Tidak Berfungsi

Situs Resmi Suzuki RMK

Situs Resmi Suzuki Restu Mahkota Karya. Suzuki RMK adalah delaer resmi mobil Suzuki. Dengan dukungan pelayanan purna jual suku cadang serta perbaikan atau pemeliharaan di daerah Jakarta dan Jawa Barat.

Sosial Media

Kunjungi selalu sosial media kami untuk melihat promo produk yang masih berlaku saat ini. Konten-konten serta informasi menarik lainnya akan selalu kami Update pada sosial media kami.

Catatan: Standar dan pilihan perlengkapan yang tersedia mungkin berbeda di pasaran. Tanyakan pada dealer Anda, apakah spesifikasi dan ilustrasi yang merujuk ke model tersedia di daerah. SUZUKI berhak untuk mengubah harga, warna, bahan, perlengkapan, dan model, serta menghentikan model tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Suzuki RMK, Suzuki Jabodetabek, Dealer Resmi Suzuki , Restu Mahkota Karya, Dealer Mobil , Suzuki Jakarta, Suzuki Jakarta Barat, Suzuki Jakarta Utara, Suzuki Jakarta Timur, Suzuki Jakarta Selatan, Suzuki Jakarta Pusat, Promo Mobil Suzuki, Promo Suzuki Roxy, Promo Suzuki Murah, Promo Suzuki Termurah, Promo Suzuki Jabodetabek, Promo Mobil Suzuki, Harga Mobil Suzuki, Dealer Mobil Suzuki, Promo Suzuki Ertiga, Promo Suzuki XL7, Promo Ertiga Hybrid, Promo Suzuki Tangerang, Tips and Trick, Tips Perawatan Mobil, Merawat Mobil,

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
Visual Portfolio, Posts & Image Gallery for WordPress

STUNNING DOOR VISOR*

UPPER SPOILER*

BOLD NUMBER PLATEGARNISH CHROME*

DUAL TONE COLOR*

ALPHA EMBLEM*

BLACK COLORED ROOFTOP*