turun mesin tumbnail google

Mengenal Overhaul Mesin dan Bedanya dengan Tune Up

Apa Mobil Kamu Pernah Mengalamin Turun Mesin ?

Pengertian overhaul mesin atau yang lebih dikenal dengan istilah turun mesin adalah proses membongkar mesin yang bermasalah agar dapat secara lebih teliti.

Memiliki sebuah mobil tentunya harus disertai dengan pemahaman terhadap cara perawatannya. Beberapa dari Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah overhaul mesin yang biasa dilakukan pada mobil atau yang lebih sering disebut dengan istilah turun mesin pada mobil.

Apabila Anda memiliki mobil yang usianya sudah cukup lama, ada baiknya melakukan overhaul secara rutin. Lalu apa perbedaannya dengan tune up? Berikut penjelasan terkait overhaul yang perlu Anda ketahui serta perbedaannya dengan tune up.

Pengertian Overhaul atau Turun Mesin

Overhaul atau yang lebih dikenal dengan istilah turun mesin adalah proses dalam membongkar mesin yang bermasalah agar dapat diperiksa dengan lebih teliti. Dalam overhaul juga dilakukan penggantian terhadap komponen-komponen mesin yang bermasalah.

Overhaul adalah service berat yang dilakukan pada mesin mobil Anda apabila mengalami kerusakan karena dipakai dalam jangka waktu cukup lama. Dari arti overhaul tersebut dapat disimpulkan bahwa service berat ini perlu dilakukan apabila terdapat kerusakan pada bagian dalam mesin mobil.

Pada saat melakukan overhaul pada mesin kendaraan Anda ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Hal yang pertama adalah membongkar dan memperbaiki komponen yang rusak pada mesin. Mengganti serta memasang kembali komponen dengan cara yang tepat juga hal yang harus dilakukan saat overhaul.

Berdasarkan pengertian overhaul tersebut, Anda tidak dianjurkan untuk melakukannya dengan cara sembarangan. Menganalisa dan memperhatikan kondisi mobil juga perlu dilakukan sebelum melakukan overhaul agar penanganannya dapat disesuaikan dengan gejala yang ditimbulkan.

Ciri-ciri perlu Dilakukannya Overhaul

service turun mesin

Sebagaimana disebutkan bahwa overhaul ini perlu dilakukan secara rutin pada mobil. Dalam hal ini, mobil yang memerlukan overhaul memiliki beberapa ciri khas. Diantara ciri-ciri yang menandakan bahwa perlu dilakukan overhaul mesin pada mobil Anda adalah sebagai berikut.

  • Mengeluarkan Asap Putih dari Knalpot

Ciri pertama yang paling mudah diketahui bahwa mobil memerlukan overhaul adalah kendaraan Anda mengeluarkan asap berwarna putih dari knalpot. Tidak hanya itu, aroma yang dikeluarkan dari knalpot juga tidak sedap dan seperti sebuah busi yang terbakar.

Asap putih dari knalpot ini sering dikeluarkan oleh mesin kendaraan yang sudah cukup tua usianya. Hal tersebut dikarenakan asap putih biasanya menjadi sebuah pertanda bahwa kinerja mesin pada kendaraan Anda mulai menurun.

Apabila kendaraan Anda mengeluarkan asap putih sebaiknya segera bawa dan konsultasikan pada bengkel resmi Suzuki. Langkah overhaul yang akan diambil juga biasanya ditentukan oleh seberapa parah kerusakan yang terjadi pada bagian dalam mesin kendaraan.

  • Suhu Pada Mesin Terus Meningkat

Ciri kedua dari perlu dilakukannya overhaul mesin yang dapat Anda ketahui dengan mudah adalah suhu mesin kendaraan yang terus meningkat meskipun dalam kecepatan yang rendah. Suhu mesin kendaraan yang terus meningkat akan menyebabkan terjadinya overheat.

Perlu Anda ketahui bahwa overheat dapat menyebabkan mesin kendaraan mati secara mendadak. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya Anda memperhatikan temperatur mesin dan jangan menyalakannya secara langsung karena ini akan membuat suhunya semakin meningkat.

  • Pengurangan Air Radiator

Air radiator yang berkurang secara cepat juga merupakan ciri overhaul pada mesin kendaraan Anda. Oleh sebab itu, Anda harus segera membawa kendaraan pada bengkel resmi Suzuki agar dapat dilakukan pengecekan terhadap komponen radiator kendaraan.

  • Kepala Busi Basah karena Oli

Ciri berikutnya untuk melakukan overhaul adalah kepala busi yang basah karena oli. Busi yang basah juga menjadi pertanda bahwa oli dapat menyebabkan ruang kompresi mudah terbakar karena sudah masuk kedalamnya. Bagian kepala busi kendaraan Anda juga akan berubah warna menjadi hitam.

  • Air Radiator Berminyak

Air radiator berminyak ternyata juga menjadi salah satu ciri bahwa Anda perlu melakukan overhaul mesin pada kendaraan. Air radiator yang berminyak biasanya disebabkan oleh oli yang masuk pada saluran air radiator maupun air yang masuk pada ruang kompresi kendaraan.

Waktu yang Tepat untuk Melakukan Overhaul

Penting untuk Anda ketahui bahwa waktu yang tepat bagi Anda untuk melakukan overhaul ini berbeda untuk setiap kendaraan yang dimiliki. Hal ini tergantung pada perawatan yang Anda berikan sebagai pemilik kendaraan.

Apabila Anda rajin merawat kendaraan dengan baik maka overhaul dapat dilakukan dalam selang waktu  yang cukup lama. Selain itu, hal ini juga tergantung pada penggunaan kendaraan. Nah, jika salah satu ciri di atas sudah mulai muncul, maka segera lakukan overhaul.

Perbedaan antara Overhaul dan Tune Up Mobil pada Umumnya

Apabila dilihat dari pengertian overhaul, beberapa dari Anda mungkin masih bingung dengan  perbedaan overhaul dan tune up. Sebenarnya overhaul dan tune up adalah dua hal yang berbeda dalam hal memperbaiki mesin kendaraan Anda.

Dari segi pengertiannya, arti overhaul adalah membongkar mesin kendaraan untuk memperbaiki komponen-komponen didalam mesin yang mengalami kerusakan. Sementara itu, tune up merupakan sebuah cara untuk mengembalikan performa mesin seperti semula tanpa membongkar keseluruhan.

Tune up mobil sebaiknya rutin Anda lakukan minimal enam bulan sekali ketika kendaraan sudah memberikan gejala-gejalanya. Melakukan tune up juga dapat mencegah mesin kendaraan Anda mengalami kerusakan yang parah sehingga overhaul dibutuhkan.

Tujuan Dilakukannya Overhaul

Overhaul yang harus dilakukan pada mesin kendaraan Anda tentunya memiliki beberapa tujuan. Berikut ini beberapa rincian tujuan overhaul yang perlu Anda ketahui.

  • Membersihkan Komponen yang Ada dalam Mesin Kendaraan

Tujuan dilakukannya overhaul yang pertama adalah untuk membersihkan komponen yang ada dalam mesin kendaraan Anda. Komponen-komponen yang ada pada mesin harus dibersihkan secara berkala agar tidak terjadi penumpukan kotoran di dalamnya.

  • Memeriksa Komponen dalam Mesin

Melakukan overhaul pada kendaraan Anda juga bertujuan untuk memeriksa komponen-komponen didalam mesin. Komponen tersebut harus diperiksa agar diketahui bagian mana saja yang harus diperbaharui atau diganti nantinya.

  • Membersihkan Ruang Bakar dari Kotoran yang Sudah Menumpuk

Sebagaimana diketahui bahwa sebuah kendaraan yang sering digunakan akan menyebabkan ruang bakar penuh dengan kotoran yang menumpuk. Oleh sebab itu, perlu dilakukan overhaul untuk membersihkan ruang bakar tersebut.

  • Mengatur Ulang Dudukan Pada Katup dan Mengembalikan Performa Mesin Kendaraan

Tujuan dilakukan overhaul berikutnya tidak jauh berbeda dengan tujuan dilakukannya tune up, yaitu untuk mengatur ulang dudukan katup dan mengembalikan performa mesin kendaraan Anda. Mengatur ulang dudukan bertujuan agar kendaraan kesayangan tetap nyaman ketika digunakan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa penggunaan kendaraan secara terus-menerus dapat menurunkan performa mesin didalamnya. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu melakukan overhaul apabila sudah terlihat ciri-cirinya kerusakan yang telah disebutkan.

Biaya Overhaul

Bagi Anda yang ingin melakukan overhaul sebaiknya siapkan biaya yang cukup atau berkonsultasi terlebih dahulu dengan bengkel resmi Suzuki. Biasanya biaya yang dikeluarkan akan sesuai dengan apa saja yang harus diperbaiki dan diganti ketika melakukan overhaul pada kendaraan Anda.

Biaya yang perlu Anda keluarkan untuk overhaul kendaraan bisa mencapai jutaan rupiah. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda merawat kendaraan sehingga overhaul tidak perlu dilakukan.

Sosial Media

Kunjungi selalu sosial media kami untuk melihat promo produk yang masih berlaku saat ini. Konten-konten serta informasi menarik lainnya akan selalu kami Update pada sosial media kami.

Hubungi Hotline Kami Di

Temukan Mobil Suzuki Yang Tepat Untuk Anda !

Rencanakan pembelian mobil Suzuki idaman Anda dengan baik, konsultasikan dengan wiraniaga kami. Wiraniaga kami siap mambantu anda dalam memilih solusi terbaik. Kami akan selalu berkomitmen memberikan pelayanan terbaik untuk anda, baik before maupun after sales.

Kami melayani pembelian unit secara cash dan kredit dengan leasing terpercaya di kota Anda. Untuk mengetahui simulasi kredit Anda bisa melakukan registrasi terlebih dahulu pada form Simulasi Kredit. Klik tombol di bawah, masukan nama dan nomer telephone atau handphone Anda dengan benar. Agar wiraniaga kami bisa menghubungi Anda. Wiraniaga kami siap membantu anda dalam malakukan proses kredit dengan leasing-leasing terpercaya di kota Anda.

Catatan: Standar dan pilihan perlengkapan yang tersedia mungkin berbeda di pasaran. Tanyakan pada dealer Anda, apakah spesifikasi dan ilustrasi yang merujuk ke model tersedia di daerah. SUZUKI berhak untuk mengubah harga, warna, bahan, perlengkapan, dan model, serta menghentikan model tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *