Komponen Mobil Yang Patut Diketahui

Mobil merupakan salah satu jenis transportasi yang paling aman. Permintaan dan harga kendaraan roda empat ini juga semakin hari semakin meningkat, mengingat berbagai komponen mobil yang juga tidak murah.  Tidak heran jika saat ini banyak vendor mobil yang menawarkan berbagai tipe mobil produksinya

Namun, sebelum membeli sebuah mobil, sebaiknya, Anda terlebih dahulu mengetahui apa saja komponen-komponen dari mobil tersebut. Berikut ini ulasan terkaitnya yang penting diketahui.

Komponen-Komponen Mobil

  1. Transmisi
    Transmisi menjadi komponen dari mobil yang penting untuk diperhatikan. Transmisi sendiri merupakan sistem yang berfungsi untuk memindahkan tenaga mobil ke poros propeller.  Transmisi juga diartikan sebagai komponen yang mengkonversi torsi.Konversi yang diteruskan pada penggerak akhir akan menghasilkan kecepatan yang berbeda-beda.  Bahkan kecepatan jauh lebih bertenaga dengan putaran yang lebih rendah.

    Ada banyak tipe transmisi yang biasa digunakan pada mobil. Diantaranya seperti Automatic Gear Shift, Sliding Mesh, Constant Mesh, Type CVT dan Synchro Mesh. Masing-masing tipe ini memberikan kecepatan putaran yang berbeda-beda.

    Fungsi dari transmisi sendiri adalah memungkinkan mesin  tetap menyala saat mobil dalam keadaan berhenti. Komponen ini juga memungkinkan kendaraan untuk berjalan mundur dan menyesuaikan momen yang dihasilkan mobil sesuai dengan kebutuhan.

    Selain itu, transmisi juga berfungsi untuk meneruskan putaran dan tenaga mesin ke poros propeller. Fungsi-fungsi transmisi tersebut dapat membuat mobil lebih nyaman saat digunakan dan juga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan berkendara.

    Supaya bisa digunakan dengan optimal, Anda perlu memperhatikan kondisi transmisi mobil. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk merawat komponen mobil satu ini.

    Salah satunya adalah memeriksa kondisi transmisi secara rutin.  Anda juga perlu melakukan pergantian oli, memposisikan transmisi dengan tepat dan menghindari tancap gas dengan tiba-tiba.

  2. Aki Mobil
    Tidak hanya sebagai komponen mobil, aki menjadi salah satu komponen yang penting bagi banyak kendaraan. Aki sendiri adalah pusat dari kelistrikan mobil.Tanpa komponen ini, mobil tidak dapat digunakan dengan nyaman. Apalagi, beberapa komponen lainnya membutuhkan listrik untuk menyala, sehingga apabila aki mobil bermasalah maka akan mempengaruhi performa mobil Anda.

    Aki mobil memang menjadi komponen mesin mobil yang sangat vital. Hal ini dikarenakan fungsi aki sebagai penyedia energi saat dinamo starter dinyalakan. Bisa dibilang, aki adalah baterai kendaraan.

    Jika mobil Anda mengalami kekurangan tenaga, bisa dipastikan aki mobil bermasalah. Bahkan pada kasus yang lebih parah, mobil Anda tidak dapat menyala sama semaki.

    Maka, karena fungsinya yang sangat vital ini, merawat aki mobil perlu untuk dilakukan. Bagaimana cara perawatannya?  Perawatan aki mobil dapat dilakukan dengan mengecek kondisinya secara rutin.

    1. Pengecekan tersebut dapat Anda lakukan sebanyak satu kali dalam satu atau dua minggu. Perawatan aki dengan Low Maintenance dilakukan dengan menambahkan air aki hingga melewati batas levelnya.Sementara itu, Anda hanya perlu memperhatikan garis indikator hijau atau biru pada aki Maintenance Free.  Selain memperhatikan banyaknya air aki isi ulang, Anda juga harus memperhatikan jenis air aki yang digunakan.  Tutup botol air aki Maintenance free memiliki arti sendiri.

      Saat pertama kali dari pabrik, air aki diisi oleh H2SO4. Kemudian, selanjutnya diisi dengan aquades. Tutup botol berwarna merah digunakan untuk isi pertama kali. Sementara tutup botol berwarna biru digunakan untuk isi ulang.

      Namun, bagaimana pengisian pada aki Maintenance Free? Tidak perlu melakukan pengisian dengan aquades. Aki hanya perlu di charge ketika indikatornya menunjukkan warna putih.

    2. Sistem Pendingin
      Komponen mobil selanjutnya yang tidak kalah penting dengan komponen lainnya adalah sistem pendingin. Apa itu sistem pendingin? Sesuai dengan namanya, sistem pendingin merupakan komponen yang berfungsi untuk melakukan pendinginan setelah mobil digunakan.Ketika mobil digunakan untuk menempuh jarak dan kecepatan tertentu, mesin pada mobil akan menghasilkan panas. Temperatur mesin saat mobil beroperasi ini diatur oleh sistem pendingin.

      Mengapa sistem pendingin menjadi komponen yang penting bagi mobil? Seperti yang diketahui bahwa, komponen-komponen pada mobil didominasi oleh material alumunium atau besi. Material ini dapat memuai apabila berada pada suhu tertentu.

      Pada dasarnya, material tersebut tidak akan memuai jika mobil masih berada pada suhu mesin kerja. Namun, jika mesin bekerja di atas suhunya maka akan mengakibatkan munculnya berbagai masalah pada mobil.

      Masalah yang muncul akibat suhu mesin yang terlalu tinggi misalnya kepala silinder menjadi melengkung akibat pemuaian, komponen-komponen mobil menjadi berhimpit, tidak bisa bergerak dan rentan mengalami kerusakan.

      Maka, untuk menghindari masalah-masalah tersebut, mobil membutuhkan komponen sistem pendingin untuk menjaga temperatur suhu kerja mesin. Proses pendinginan ini tidak terjadi saat mesin dalam keadaan dingin atau tidak beroperasi. Namun, sistem ini bekerja apabila mobil sedang beroperasi.

      Sistem pendingin ini terdiri dari berbagai komponen. Diantaranya adalah radiator, kipas radiator, pompa air atau water pump, tutup radiator, reservoir, thermostat, water jacket dan v-belt. Setiap komponen ini memiliki kegunaan masing-masing dalam sistem pendingin.

      Karena fungsinya yang sangat penting ini, merawat sistem pendingin mobil adalah hal yang wajib. Perawatan tersebut dapat dilakukan dengan mengganti filter dengan rutin, mengisi cairan radiator dan mengecek kinerja AC mobil.

      Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan tempat memarkir mobil. Pasalnya sistem pendingin akan bekerja ekstra saat mobil Anda terparkir pada tempat yang banyak terkena sinar matahari.

    3. Ban dan Suspensi
      Ban dan suspensi menjadi komponen penting selanjutnya. Sebagus apapun mesin pada mobil, tentu tidak bisa dikendarai apabila tidak ada ban mobil. Komponen inilah yang dapat membuat mobil bisa berjalan ke tempat  tujuan.Ada banyak jenis ban yang  memiliki kelebihan dan fungsi yang berbeda-beda, seperti  ban tubeless, ban bias, ban radial dan ban RTF. Agar perjalanan berkendara Anda menjadi lebih mulus, Anda wajib mengenali jenis-jenis ban yang sesuai dengan kebutuhan.

      Selain itu, jangan lupa untuk melakukan perawatan ban mobil dengan melakukan pemeriksaan kondisi ban secara teratur. Anda juga perlu melakukan pemeriksaan tekanan angin, secara berkala menukar posisi ban dan memperhatikan muatan.

      Pasalnya, muatan pada mobil akan mempengaruhi tekanan pada ban. Jika mobil mengalami kelebihan muatan, maka dapat menimbulkan masalah, baik pada ban maupun pada komponen lainnya.

      Selain ban, komponen mesin mobil yang tidak kalah penting adalah suspensi, yang merupakan kaki pada mobil. Suspensi berpengaruh pada kenyaman Anda saat berkendara, karena berfungsi untuk meredam getaran dan guncangan .

      Suspensi juga berguna sebagai peredam kejut. Dengan adanya suspensi, pengendara tetap nyaman berkendara meskipun melewati jalanan yang berlubang.

      Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk merawat suspensi mobil. Diantaranya adalah menghindari jalanan bergelombang, membersihkan suspensi dengan rutin dan rajin mengganti pelumas.

      Selain itu, jangan lupa untuk memastikan baut-baut suspensi terpasang dengan kencang. Apabila terdapat komponen yang bermasalah, maka jangan menunda untuk segera memperbaikinya. Anda juga perlu melakukan balancing dan spooring suspensi dengan rutin di bengkel resmi Suzuki terdekat.

Sumber : https://www.suzuki.co.id/tips-trik/wajib-tahu-ini-komponen-mobil-yang-patut-diketahui

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *