kaki kaki mobil suzuki tumbnail google

Kaki Kaki Mobil: Komponen dan Cara Mendeteksi Kerusakannya

kaki kaki mobil suzuki tumbnail google
Portrait of a mechanic checking the condition a lifted car

Mengenal Kaki Kaki Mobil

Kaki kaki mobil adalah salah satu komponen penting mobil yang ada di bagian bawah. Setiap jenis komponen kaki-kaki ini harus dirawat dengan baik.

Salah satu komponen yang ada pada mobil dan harus Anda perhatikan. Singkatnya, ini adalah beberapa komponen mobil bagian bawah, sehingga disebut sebagai kaki-kaki.

Jika berencana untuk membeli mobil bekas atau second, maka Anda perlu memperhatikan kondisi kaki kaki pada mobil dan memastikan komponen ini belum mengalami kerusakan.  Lalu apa saja ciri-ciri kaki kaki pada mobil yang bagus? Anda dapat menyimak penjelasannya di bawah ini.

service kaki kaki mobil suzuki

Komponen Penting Pada Kaki Kaki Mobil

Kenapa bagian kaki kaki pada mobil wajib diperiksa? Hal ini karena ini adalah bagian yang menerima tekanan yang paling besar. Selain itu, komponen ini juga mempengaruhi aspek kenyamanan ataupun keselamatan pengendara.

Bahkan, apabila bagian kaki kaki pada mobil sudah mengalami kerusakan, maka bukan tidak mungkin ini akan memicu kerusakan pada bagian yang lain.

Lalu, apa saja bagian yang perlu diperhatikan dan dirawat dengan baik. Berikut ini bagian kaki kaki pada mobil tersebut.

  • Suspensi

Suspensi digunakan untuk meredam guncangan pada mobil. Guncangan ini sering terjadi saat melewati lobang, tanjakan, atau saat kondisi jalanan tidak rata. Suspensi biasanya terbuat dari bahan baja anti karat sehingga akan sulit terjadi korosi pada komponen tersebut.

Karena terbuat dari bahan anti karat, maka suspensi juga memiliki daya tahan yang tinggi. Meski demikian, apabila suspensi digunakan secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama maka kondisinya juga akan mengalami penurunan.

Akibatnya, saat dikendarai, mobil akan terasa limbung, apalagi saat dalam laju kecepatan yang tinggi. Dalam hal ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek kerusakan pada bagian ini. Salah satunya adalah dengan memperhatikan apakah ada suara bising saat mobil melaju

Selain itu, pengecekan juga bisa dilakukan dengan memacu mobil dengan kecepatan tinggi di jalan yang lurus. Apabila pada kedua kondisi tersebut mobil terasa limbung, maka artinya sudah waktunya mengganti shockbreaker mobil.

  • Bushing Arm

Bushing arm merupakan komponen pada mobil yang mempunyai tugas untuk mencengkeram roda atau titik tumpu pada roda. Bushing FAM berbentuk selongsong besi dan disokong oleh karet.

Selain itu bushing arm juga menjadi komponen yang dapat meredam getaran sambungan suspensi yang terjadi pada bagian kaki kaki mobil. Apabila terjadi kerusakan pada bagian bushing arm. maka kondisi awal yang akan terdeteksi adalah rasa tidak nyaman.

Cara mudah untuk mengetahui bagian ini mengalami kerusakan yaitu mengamati arah laju mobil. Apabila arah mobil terlihat melenceng baik ke arah kanan atau kiri, maka ini menjadi tanda jika bushing arm harus diperbaiki.

  • Bearing

Bagian bearing adalah bagian penting lainnya pada kaki kaki kendaraan roda empat. Bearing merupakan salah satu bagian yang menjadi bantalan di roda, sehingga akan sangat berpengaruh pada perputaran roda. Komponen bearing juga akan mempengaruhi kestabilan laju mobil.

Cara mendeteksi kerusakan pada bagian bearing adalah dengan memperhatikan perputaran roda pada mobil satu persatu. Anda dapat mendongkrak mobil dan melihat putaran roda satu persatu.

Apabila Anda mendengar suara bising atau gemuruh maka hal ini bisa menjadi tanda masalah pada  komponen ini. Solusinya yaitu menggantinya dengan bearing yang baru.

  • Ban

Apabila ingin memastikan kaki kaki pada mobil yang bagus dan belum mengalami kerusakan maka Anda perlu juga memperhatikan bagian ban. Hal ini karena ban adalah bagian yang sering mengalami gesekan dengan aspal sehingga mudah pula mengalami masalah.

Ketika Anda memeriksa bagian tie rod dan tie long riod lalu terdapat masalah, maka Anda jangan langsung mengakalinya. Tie rod merupakan bagian yang meneruskan pergerakan setir ke mobil.

Untuk mengetahui bagian tie rod mengalami masalah atau tidak bisa dilakukan dengan cara mendongkrak mobil. Apabila sudah terangkat, pegang ban dan gerakkan kekanan dan kekiri seperti mobil akan berbelok. Apabila terdengar bunyi atau gesekan, artinya mobil bermasalah.

  • Ball Joint

Ball joint adalah bagian dari komponen mobil yang berfungsi sebagai pengikat dan sebagai sumbu Lower Arm atau as roda mobil. Bagian ball joint ini akan membantu mempertahankan posisi as roda mobil saat berbelok.

Apabila Anda ingin mengetahui kondisi ball joint mengalami masalah atau tidak, silahkan mengeceknya dengan mendongkrak mobil. Setelah itu, tekan ban ke atas dan ke bawah.

Pada saat mendongkrak mobil, apabila terdengar gesekan atau ban naik turun dengan jeda yang jauh maka artinya mobil bermasalah. Selanjutnya, segera perbaiki ball joint ini.

  • Peer

Dibandingkan dengan komponen kaki kaki mobil lainnya, peer adalah bagian yang jarang bermasalah atau mengalami kerusakan. Meskipun begitu, bukan berarti bagian ini tidak bisa mengalami masalah.

Bahkan, peer yang mengalami kerusakan akan sulit terdeteksi. Karena itu, kerusakan pada peer baru akan terdeteksi saat ulir per keong atau per daun patah.

Beberapa penyebab kerusakan pada peer diantaranya disebabkan oleh faktor tertentu. Diantaranya adalah terkikisnya atau pecahnya bushing atau bantal peer atau ada selang yang terlilit pada bagian spiral peer.

  • Velg

Untuk mengetahui kerusakan pada bagian velg tidak jauh berbeda dengan mengetahui kerusakan pada ban. Caranya yaitu cukup dengan melihat kondisi fisiknya. Hal utamanya disini adalah memperhatikan kondisi pada bagian bibir velg, misalnya pecah-pecah, penyok dan retak atau tidak.

Mendeteksi kerusakan pada bagian velg juga bisa dideteksi pada saat mobil berjalan. Apabila saat mobil berjalan velg goyang, maka kemungkinan salah satu velg peyang pada salah satu bagiannya.

Karena itulah memperhatikan kondisi velg penting dilakukan. Sebab velg yang peyang atau bengkok akan memicu velg pecah dan laju atau kendali mobil menjadi liar. Jadi, pastikan Anda tidak melewatkan perawatan dan pengecekan pada bagian ini.

Berapa Perkiraan Harga Perbaikan Kaki-Kaki Mobil di Berbagai Negara

Perawatan pada bagian kaki mobil yang dilakukan secara rutin selain dapat memastikan keamanan juga akan memperkecil biaya perawatan. Begitu pula jika Anda mengabaikan faktor perawatan, maka biaya perbaikan yang Anda butuhkan pun juga akan lebih besar.

Memperbaiki kaki kaki pada mobil Anda juga akan tergantung pada garasi atau bengkel yang Anda gunakan. Apabila Anda melakukan perbaikan di garasi mobil Jepang, maka Anda perlu mengeluarkan uang sekitar 1,2 juta sampai 1,3 juta rupiah.

Berbeda lagi apabila Anda memperbaikinya di garasi Eropa, maka harganya bisa mencapai 1,5 juta sampai 1,6 juta rupiah. Harga perbaikan ini akan berubah-ubah sesuai dengan jenis mobil apa yang Anda gunakan dan dimana tempat Anda melakukan perbaikan.

Meskipun begitu, apabila terjadi kerusakan, jauh lebih baik melakukan perbaikan di garasi mobil daripada memperbaikinya secara pribadi. Anda dapat memperbaiki kerusakan kaki kaki mobil di bengkel mobil terdekat di sekitar rumah.

Demikian beberapa ulasan mengenai kaki kaki pada mobil yang perlu Anda pahami sebelum membeli mobil bekas maupun untuk perawatan harian mobil.

Jangan malas untuk melakukan perawatan agar kendaraan Anda bisa lebih awet dan tetap nyaman dan apabila kaki kaki mobil Anda mengalami gejala atau kerusakan segera bawa mobil Anda ke bengkel Suzuki terdekat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *