Kabel Busi Suzuki RMK

Kabel Busi Mobil Bocor ? Jangan Panik, Begini Cara Mengatasinya

Kabel Busi Bocor

Kabel busi merupakan komponen yang penting dalam kendaraan bermotor. Hal tersebut berlaku pula untuk mobil.

Kinerja mesin dari mobil sangat dipengaruhi oleh kondisi busi beserta kabelnya. Performa yang prima pada mobil sendiri dapat diperoleh dari kondisi yang baik dari busi dan kabelnya.

Berkaitan dengan itu, pada artikel ini akan dibahas cara mengatasi kebocoran pada kabel busi mobil. Jika ini terjadi Anda tidak perlu panik, karena penanganannya cukup mudah. Simak ulasan berikut untuk mengetahuinya.

kabel busi

Mengenal Kabel Busi Mobil

Jika ingin mengetahui lebih lanjut mengenai kabel ini, alangkah baiknya mengenalnya terlebih dahulu. Kabel busi mobil merupakan komponen yang diciptakan untuk melengkapi bagian mobil yang berperan dalam jalannya mesin.

Kabel ini memiliki cara kerja seperti selang air yang mengalirkan listrik menuju busi. Aliran listrik ini berasal dari pembakaran ketika mesin menyala. Nantinya, aliran ini akan menciptakan bunga api ketika telah tersambung ke busi.

Tekstur kabel ini pada dasarnya masih sama dengan kabel pada umumnya. Hal tersebut ditandai dengan kabel ini mengandung tembaga hingga heavy duty stainless steel alloy. Fungsi dari komponen kabel tersebut adalah untuk menciptakan bunga api ketika mesin dinyalakan.

Kegunaan Kabel Busi

Pada dasarnya, kegunaan kabel ini adalah untuk menyalurkan arus listrik agar menuju busi dengan sempurna. Jika listrik dapat dihantarkan dengan sempurna oleh kabel, maka akan timbul percikan api di bagian busi.

Arus listrik yang dihantarkan ini mulanya berasal dari koil. Timbulnya arus listrik diakibatkan oleh proses pembakaran sehingga akan timbul hanya ketika mesin dinyalakan.

Meskipun kecil, busi beserta kabelnya tidak bisa diremehkan karena memegang peran penting dalam kinerja mesin.

Berdasarkan paparan terkait kabel busi seperti yang telah disebutkan di atas, fungsi kabel ini cukup kompleks. Maka penting sekali menjaga kabel agar tetap dalam kondisi baik.

Dampak Jika Kabel Busi Bocor

Jika kabel busi mobil bocor, akan banyak sekali dampak buruk yang mungkin terjadi. Hal tersebut hendaknya dihindari agar kinerja mobil tetap stabil, dan Anda dapat berkendara dengan aman.

Penting untuk mengetahui dampak apa saja yang mungkin terjadi agar meminimalisir kebocoran pada kabel busi ini. Beberapa dampak yang bisa terjadi bila kabel ini mengalami kebocoran adalah sebagai berikut.

  • Pecahnya Keramik Busi

Busi memiliki komponen utama berupa keramik yang terdapat di dalamnya. Keramik tersebut dapat menjadi pecah akibat terpapar arus listrik secara terus menerus. Arus listrik ini dapat mengenai keramik busi akibat kabel tidak dapat menghantarkannya dengan sempurna.

  • Arus Pendek Listrik

Tak hanya pada listrik rumah tangga yang dapat terjadi arus pendek, namun listrik pada kendaraan juga demikian. Arus pendek listrik yang terjadi pada kendaraan bermotor lebih sering diakibatkan oleh bocornya kabel ini.

Kebocoran tersebut umumnya karena kabel terkelupas. Hal ini akan menyebabkan arus yang bertegangan tinggi tidak dapat dihantarkan ke massa sehingga sudah putus di jalan sebelum sampai ke besi.

  • Idling Mesin Terganggu

Bocornya kabel tentu akan berpengaruh langsung dengan kinerja mesin. Hal ini ditandai dengan kemampuan idling yang tidak dapat bekerja dengan maksimal.

Tanda lainnya yang mungkin timbul akibat idling mesin terganggu adalah timbul suara kasar ketika mesin sedang bekerja. Suara tersebut disebabkan karena putaran mesin yang naik turun.

Cara Mendeteksi Kabel Busi yang Bocor

Mendeteksi kabel yang bocor adalah suatu tindakan yang penting dilakukan sebagai upaya pemeriksaan berkala. Pada proses pendeteksian tersebut, Anda dapat mengenali kebocoran dengan beberapa cara. Simak penjelasan lebih lanjut di bawah ini

  • Periksa Mulai dari Dalam Kabin

Bagian kabin memiliki komponen berupa speaker. Apabila kerusakan terjadi pada kabel ini, maka speaker tersebut akan mengeluarkan suara mendengung. Singkatnya, apabila putaran mesin tinggi maka suara mendengung yang dihasilkan speaker tersebut juga tinggi. Peristiwa ini biasa disebut dengan storing.

  • Mengukur Komponen Kabel Dengan Multitester

Cara ini dikatakan cukup sulit mengingat setiap mesin memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Akan tetapi ada cara yang cukup efektif dengan menggunakan metode ini, yaitu memperhatikan angka yang tertera pada kabel sesuai dengan kemampuan tahanannya.

Anda perlu melakukan uji ukur pada semua bagian kabel ini untuk mengetahui komponen mana yang memiliki catatan angka yang paling tinggi. Pada bagian yang memiliki angka tertinggi, maka pada bagian tersebutlah terjadi kerusakan.

  • Cara Manual Sederhana Dengan Membuka Kap

Membuka kap dapat menjadi cara paling mudah untuk memeriksa bagian kabel busi mobil yang rusak. Jangan lupa untuk memeriksanya dengan mesin yang menyala karena busi akan berfungsi jika mesin sedang melakukan langkah kerja.

Lakukan cara ini di tempat yang minim cahaya agar mudah mendeteksi loncatan api. Jika dilakukan di tempat yang cenderung gelap, maka pemeriksaan harus lebih jeli.

  • Lihat dari Hasil Emisi

Jika Anda sangat paham mengenai kinerja mesin, cara ini dapat dilakukan untuk memastikan kebocoran pada kabel. Caranya adalah dengan melihat hasil emisi mesin mobil.

Ketika mesin menyala, maka akan mudah sekali menemukan emisi pembakaran mesin tersebut. Hasil emisi pembakaran akan memberikan tanda tertentu sebagai indikasi kerusakan kabel. Perbedaan hasil emisi akan terlihat pada perbandingan jumlah kadar gas pada mesin tersebut.

Pembakaran terjadi tentu melibatkan gas karbon dan oksigen. Pada kebocoran kabel, tentu akan ditemui perbandingan yang tidak tepat antara keduanya. Kabel yang mengalami kebocoran akan menghasilkan hydrocarbon yang meningkat dan oksigen lebih sedikit.

Cara Mengatasi Kabel Busi Bocor

Jika sudah mengetahui cara untuk mendeteksi kerusakan pada kabel, maka akan lebih mudah dalam menentukan langkah mengatasi kebocorannya. Beberapa hal dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut, namun cara yang paling aman adalah dengan menggantinya.

Kabel yang bocor akan memberikan dampak negatif pada proses pengapian. Kebocoran ini akan menimbulkan proses pengapian menjadi tidak sempurna. Maka penting untuk menjaga pengapian tetap sempurna dengan langkah pasti, yaitu menggantinya dengan yang baru.

Dalam mengganti kabel busi dengan yang baru, Anda perlu memilih kabel yang orisinil. Memilih kabel yang tidak asli sangat tidak disarankan. Selain memberikan efek yang kurang baik pada kinerja busi mobil, kabel yang tidak orisinil akan cepat rusak.

Pilihlah kabel dengan kualitas terbaik. Kabel yang memiliki kualitas terbaik akan memberikan performa busi yang baik pula. Selain itu, kabel yang berkualitas tinggi akan tahan lama dan tidak cepat rusak sehingga Anda tidak perlu menggantinya dalam kurun waktu dekat.

Penggantian kabel ini perlu dilakukan secara keseluruhan, karena akan memberikan dampak yang aman bagi kinerja mesin.

Ada baiknya penggantian ini dilakukan secara berkala mengingat kinerja busi termasuk proses utama dalam langkah kerja mesin. Anda dapat menggantinya di bengkel resmi Suzuki terdekat agar lebih tepat cara pemasangan dan pemilihan kabelnya.

Sosial Media

Kunjungi selalu sosial media kami untuk melihat promo produk yang masih berlaku saat ini. Konten-konten serta informasi menarik lainnya akan selalu kami Update pada sosial media kami.

Hubungi Hotline Kami Di

Temukan Mobil Suzuki Yang Tepat Untuk Anda !

Rencanakan pembelian mobil Suzuki idaman Anda dengan baik, konsultasikan dengan wiraniaga kami. Wiraniaga kami siap mambantu anda dalam memilih solusi terbaik. Kami akan selalu berkomitmen memberikan pelayanan terbaik untuk anda, baik before maupun after sales.

Kami melayani pembelian unit secara cash dan kredit dengan leasing terpercaya di kota Anda. Untuk mengetahui simulasi kredit Anda bisa melakukan registrasi terlebih dahulu pada form Simulasi Kredit. Klik tombol di bawah, masukan nama dan nomer telephone atau handphone Anda dengan benar. Agar wiraniaga kami bisa menghubungi Anda. Wiraniaga kami siap membantu anda dalam malakukan proses kredit dengan leasing-leasing terpercaya di kota Anda.

Catatan: Standar dan pilihan perlengkapan yang tersedia mungkin berbeda di pasaran. Tanyakan pada dealer Anda, apakah spesifikasi dan ilustrasi yang merujuk ke model tersedia di daerah. SUZUKI berhak untuk mengubah harga, warna, bahan, perlengkapan, dan model, serta menghentikan model tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: