Cek Pajak Kendaraan Bermotor

Cek Pajak Kendaraan Bermotor

Sangat Mudah, Begini Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor

Kemudahan dalam akses informasi saat ini telah banyak mengalami kemajuan. Salah satu perkembangan teknologi dalam kehidupan sehari-hari juga dapat dirasakan pada metode cek pajak kendaraan bermotor.

Bagi Anda yang belum tahu, ternyata cara mengecek pajak kendaraan bermotor saat ini sangatlah mudah. Penasaran apa saja cara yang dapat Anda gunakan? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Apa Itu Pajak Kendaraan Bermotor?

Pajak kendaraan bermotor adalah pajak yang dikenakan kepada pemilik kendaraan baik itu kendaraan roda dua maupun roda empat. Besar biaya pajak kendaraan bermotor dapat Anda lihat di surat tanda nomor kendaraan atau STNK.

Besar pajak yang dibayarkan oleh masing-masing pemilik kendaraan sendiri berbeda-beda. Perbedaan biaya ini didasarkan atas jenis kendaraan, tahun beli kendaraan, dan lain sebagainya.

Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor

Selain mengetahui besaran pajak kendaraan yang dilihat dari STNK, terdapat cara mudah lainnya yang dapat Anda gunakan. Cara ini dapat Anda gunakan apabila pajak kendaraan bermotor dibayarkan secara online.

Meski demikian, Anda tetap bisa menggunakan cara ini namun membayarkan pajak bermotor secara offline di kantor Samsat terdekat. Cara yang dimaksudkan tersebut adalah cara cek pajak kendaraan bermotor secara online.

Cara cek pajak kendaraan online dapat dilakukan dengan mengecek pada situs Samsat di wilayah Anda. Selain informasi mengenai pajak kendaraan bermotor, melalui situs Samsat Anda bisa mendapatkan berbagai informasi bermanfaat lainnya.

Informasi tersebut adalah informasi mengenai besaran biaya pajak yang harus Anda bayarkan. Kemudian melalui situs resmi Samsat wilayah Anda, dapat diketahui pula kapan tanggal jatuh tempo untuk pembayaran pajak kendaraan.

Sayangnya, saat ini belum semua wilayah memiliki situs Samsat yang bisa digunakan untuk mengecek pajak kendaraan yang dibayarkan. Beberapa wilayah masih direncanakan untuk memiliki situs resmi Samsat yang akan mempermudah pelayanan dan informasi terkait kendaraan bermotor.

Daftar Situs untuk Cek Pajak Kendaraan Online Daerah

  1. Situs Online Cek Pajak Kendaraan Bermotor Wilayah Jawa Barat

Situs online untuk cek pajak kendaraan bermotor salah satunya terdapat di wilayah Jawa Barat. Bagi Anda yang berdomisili di Jawa Barat, hal ini tentu sangat bermanfaat.

Situs layanan resmi oleh Samsat ini dapat dicek melalui laman https://bapenda.jabarprov.go.id/infopkb/. Meskipun telah memiliki website resmi Samsat, proses konfirmasi layanan masih dilakukan melalui SMS.

Layanan SMS digunakan untuk mengirimkan informasi pengecekan jumlah pajak kendaraan serta tanggal jatuh tempo pembayaran pajak. Meskipun layanan diberikan melalui pesan singkat seperti SMS, namun untuk pembayaran dapat dilakukan melalui M-banking.

Selain M-banking, Anda pun dapat melakukan transaksi pembayaran melalui SMS banking dan ATM. Intinya, pembayaran bisa dilakukan secara langsung maupun melalui transfer bank.

  1. Situs Online Cek Pajak Kendaraan Bermotor Wilayah Jawa Tengah

Wilayah Jawa Tengah juga menjadi wilayah yang memiliki situs resmi Samsat selain Jawa Barat. Situs ini digunakan sebagai layanan informasi dalam pengecekan pajak kendaraan sekaligus cek plat nomor kendaraan area Jawa Tengah.

Bagi yang belum mengetahui nama situs resmi Samsat area Jawa Tengah, Anda dapat mengaksesnya melalui laman http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/.

Untuk Anda yang belum familiar dalam menggunakan layanan cek pajak kendaraan online khusus area Jawa Tengah, berikut ini panduan singkat yang yang dapat diterapkan.

  • Silahkan masuk dalam laman resmi website SAMSAT Jawa Tengah di http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/.
  • Setelah berhasil masuk dalam halaman website, silahkan isi plat nomor kendaraan yang ingin Anda cek di kolom yang sudah disediakan, lalu klik keterangan submit.
  • Setelah Anda klik submit, maka akan muncul beberapa angka pada laman website. Angka inilah yang menjadi nominal pajak kendaraan bermotor dan wajib Anda bayar.
  • Yang menjadi catatan adalah nominal pajak yang ditampilkan adalah pajak normal. Artinya, nominal ini belum termasuk nominal pajak kendaraan progresif untuk mobil maupun motor dan belum termasuk nominal untuk denda kendaraan.
  1. Situs Online Cek Pajak Kendaraan Bermotor di Beberapa Wilayah Lain Indonesia

Jika Anda bertempat tinggal di luar wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat, berikut ini kumpulan beberapa situs resmi Samsat di Indonesia untuk cek pajak kendaraan bermotor online.

Untuk wilayah Jawa Timur Anda dapat melakukan pengecekan melalui situs https://info.dipendajatim.go.id/index.php?page=info_pkb. Bagi Anda yang tinggal di DKI Jakarta, silahkan cek melalui https://samsat-pkb2.jakarta.go.id/.

Untuk yang bertempat tinggal di Yogyakarta dapat mengakses melalui http://samsat.jogjaprov.go.id/. Sedangkan untuk wilayah Aceh silahkan akses informasinya melalui situs https://esamsat.acehprov.go.id/.

Selanjutnya, wilayah Riau mempunyai website resmi Samsat yang dapat diakses melalui laman https://badanpendapatan.riau.go.id/infopajak/. Kepulauan Riau juga memiliki situs resmi Samsat yang dapat Anda buka pada laman  http://dispenda.kepriprov.go.id/#esamsat.

Wilayah terakhir yang memiliki situs resmi Samsat untuk pengecekan pajak kendaraan bermotor adalah wilayah Sulawesi Tengah. Bagi Anda yang berdomisili di Sulawesi Tengah, akses informasi pajak kendaraan bermotor Anda dapat dilihat melalui http://simpator.kaltimprov.go.id/cari.php.

Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Melalui Aplikasi Resmi Samsat Nasional

Selain situs website yang dapat digunakan untuk mengecek pajak kendaraan, terdapat pula aplikasi untuk mengecek hal ini. Aplikasi yang dapat digunakan yaitu aplikasi Samsat online nasional atau e-samsat.

Aplikasi ini dapat menjadi solusi bagi Anda yang wilayah tempat tinggalnya belum memiliki website resmi Samsat. E-samsat juga mempermudah Anda yang sibuk berkegiatan sehingga tidak sempat datang langsung ke Samsat.

Aplikasi Samsat online nasional atau e-samsat merupakan aplikasi yang dirancang oleh tim pembina Samsat nasional. Platform ini dirancang berdasarkan peraturan perundang-undangan Republik Indonesia mengenai pembayaran dan pengesahan tahunan secara online Pajak Kendaraan Bermotor.

Untuk menggunakan aplikasi Samsat, pertama Anda harus mengunduh aplikasi ini di Google Play Store. Setelah berhasil diunduh, silahkan Anda masukkan data diri beserta informasi mengenai kendaraan bermotor.

Setelah itu, Anda akan mendapatkan informasi mengenai besaran pajak kendaraan bermotor. Selain informasi pajak kendaraan bermotor, Anda juga dapat memperoleh informasi Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) kendaraan.

Cara Cek Mutasi Kendaraan Secara Online

Selain melakukan cek pajak kendaraan bermotor, mengecek mutasi kendaraan juga dapat dilakukan secara online. Hal ini akan sangat membantu karena proses mutasi kendaraan biasanya sangat ribet dan memerlukan waktu yang lama.

Apalagi jika kendaraan yang diurus adalah kendaraan baru, dipastikan prosesnya akan lebih sulit. Untungnya, saat ini terdapat cara mengurus mutasi kendaraan secara online. Cara ini sangat menguntungkan untuk efisiensi waktu dan tenaga pemilik kendaraan.

Cara ini dapat Anda lakukan melalui laman di situs resmi Samsat di wilayah tempat tinggal. Selain dapat diurus melalui online, ternyata terdapat biro jasa untuk mengurus mutasi kendaraan.

Meski demikian, tidak dapat dipungkiri masih ada beberapa orang yang nyaman mengurus mutasi kendaraan secara langsung di Samsat. Hal ini tidak jadi masalah karena keputusan untuk mengurus mutasi kendaraan sepenuhnya berada di tangan pemilik kendaraan.

Apabila Anda mengurus mutasi kendaraan secara langsung di Samsat, langkah pertama yang harus dilakukan adalah cek fisik kendaraan. Setelah melakukan ini, Anda perlu mengikuti prosedur lainnya hingga mendapatkan BPKB yang baru.

Sosial Media

Kunjungi selalu sosial media kami untuk melihat promo produk yang masih berlaku saat ini. Konten-konten serta informasi menarik lainnya akan selalu kami Update pada sosial media kami.

Hubungi Hotline Kami Di

Temukan Mobil Suzuki Yang Tepat Untuk Anda !

Rencanakan pembelian mobil Suzuki idaman Anda dengan baik, konsultasikan dengan wiraniaga kami. Wiraniaga kami siap mambantu anda dalam memilih solusi terbaik. Kami akan selalu berkomitmen memberikan pelayanan terbaik untuk anda, baik before maupun after sales.

Kami melayani pembelian unit secara cash dan kredit dengan leasing terpercaya di kota Anda. Untuk mengetahui simulasi kredit Anda bisa melakukan registrasi terlebih dahulu pada form Simulasi Kredit. Klik tombol di bawah, masukan nama dan nomer telephone atau handphone Anda dengan benar. Agar wiraniaga kami bisa menghubungi Anda. Wiraniaga kami siap membantu anda dalam malakukan proses kredit dengan leasing-leasing terpercaya di kota Anda.

Catatan: Standar dan pilihan perlengkapan yang tersedia mungkin berbeda di pasaran. Tanyakan pada dealer Anda, apakah spesifikasi dan ilustrasi yang merujuk ke model tersedia di daerah. SUZUKI berhak untuk mengubah harga, warna, bahan, perlengkapan, dan model, serta menghentikan model tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *