spooring dan balancing mobil tumbnail google

Catat, Ini Tandanya Mobil Perlu Spooring Balancing

Rajin Melakukan Spooring dan Balancing Untuk Menghindari Kecelakaan Saat Berkendara

Spooring balancing adalah mengembalikan kondisi mobil agar tetap stabil saat digunakan. Para pemilik mobil harus rajin melakukan hal ini secara rutin. Jangan sampai Anda telat melakukannya karena hanya akan membuat mobil tidak bisa berfungsi dengan maksimal.

Lalu kapan Anda harus melakukan spooring terhadap mobil? Ini harus dilakukan saat beberapa tandanya sudah muncul. Disini perlu diketahui bahwa ada beberapa ciri-ciri mobil perlu di spooring. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa menyimak penjelasan di bawah ini.

Fungsi Melakukan Spooring Pada Mobil

Spooring adalah kegiatan untuk menyeimbangkan kembali bagian mobil yang tidak stabil. Setelah melakukan proses spooring biasanya dilanjut dengan balancing.

Tujuan dari spooring adalah agar bagian mobil khususnya roda kanan dan kiri bisa selaras. Selain itu keausan dari ban mobil juga bisa merata.

Ciri-ciri Spooring Mobil dan Balancing Diperlukan

Service spooring dan balancing rmk

Mobil haruslah stabil saat dikendarai. Nah, untuk menjaga kestabilan kendaraan tersebut, Anda harus rutin melakukan spooring maupun balancing. Selain itu, penting juga mengetahui ciri-ciri kapan mobil membutuhkannya, sebagaimana dalam daftar di bawah ini.

  • Setir Mobil Bergerak Sendiri

Untuk melihat hal ini, Anda bisa mengendarai mobil dengan kecepatan rendah. Ketika mobil Anda berada di 40 sampai 50 KPJ, lalu bagian setirnya bergerak sendiri ke kanan atau ke kiri, maka itu salah satu tanda perlu dilakukannya spooring.

Mengapa melihatnya dari bagian setir? Sebab setir berhubungan langsung dengan roda. Kemana setir digerakkan maka roda akan mengikutinya. Oleh sebab itu ketika Anda mengendarai mobil dan setirnya tidak searah dengan roda, maka tandanya mobil butuh di spooring agar stabil kembali.

Jangan sampai Anda telat melakukan spooring karena ini akan membuat mobil menjadi lebih tidak stabil. Mobil yang sulit dikendalikan tentu menghambat pekerjaan Anda. Anda bisa jadi telat pergi ke suatu tempat, oleh sebab itu jika sudah ada tanda-tandanya maka langsung pergi ke bengkel resmi.

  • Getaran Ketika Ban Melaju

Ciri kedua yang menandakan bahwa Anda perlu melakukan spooring mobil adalah, ketika melaju muncul getaran dari keempat roda. Biasanya, getaran tersebut muncul sampai terasa ke dalam kabin. Getaran akan semakin terasa jika Anda menaikkan kecepatan mobil, misalnya menjadi 100 km/jam.

Ketika keempat ban melaju, akan ada ketidakseimbangan antara bagian kanan dengan kiri. Selain spooring, juga diperlukan balancing untuk menyeimbangkan bagian kanan dan kiri agar mobil bisa bergerak dengan stabil. Mesin balancing juga berfungsi untuk mengetahui mana yang kurang seimbang.

Ketika Anda membawa mobil ke bengkel resmi untuk melakukan balancing, biasanya akan diberikan timah atau besi yang ditempel di ban. Fungsi dari timah atau besi ini untuk mengembalikan keseimbangan ban di kiri dan kanan. Biasanya setelah timah tertempel, getaran bisa sedikit menghilang.

  • Kaki Mobil Bermasalah

Bagian kaki mobil adalah komponen terluar dari kendaraan yang sangat penting dan langsung bersentuhan dengan tanah. Kaki-kaki mobil adalah yang paling menentukan apakah kendaraan Anda bisa berjalan dengan baik atau tidak.

Oleh sebab itu, Anda harus rutin melakukan pengecekan dan perawatan. Lakukanlah pengecekan selama 3 bulan sekali untuk melihat kondisi kaki mobil.

Kaki mobil yang berada dalam kondisi bagus akan menghasilkan kenyamanan saat berkendara. Begitu pula sebaliknya, jika kondisi kaki mobil buruk maka perjalanan Anda otomatis akan mengalami gangguan.

Jika kaki mobil berada di dalam kondisi yang buruk, maka Anda bisa langsung membawanya ke bengkel untuk segera spooring atau balancing. Jangan sampai Anda membiarkan kaki mobil dalam keadaan buruk karena akan menimbulkan masalah yang lebih parah.

Masalah yang disebabkan oleh kaki mobil salah satunya adalah setir yang tidak bisa seimbang. Jadi, ketika Anda berjalan lurus, setir dan kaki mobil tidak akan seimbang dan terkadang menimbulkan bunyi yang menandakan bahwa kondisinya perlu diperbaiki.

  • Setir Tidak Mau Kembali ke Posisi Semula

Ciri-ciri selanjutnya yang menandakan bahwa Anda harus melakukan Spooring balancing adalah setir mobil tidak bisa kembali ke tempat semula.  Jika setir tidak bisa kembali ke posisi awal maka segera lakukan spooring di bengkel resmi.

  • Ban Sudah Mulai Tampak Botak

Jika ban mobil Anda sudah tampak aus atau botak maka harus segera dibawa ke bengkel untuk di spooring. Ban yang sudah mulai aus tidak akan menghasilkan gerakan yang sesuai.

Disini Anda akan merasa aneh ketika menyetir mobil. Bagian ban yang mudah mengalami kebotakan biasanya di bagian depan.

  • Saat Parkir, Ban Tampak Miring

Kendaraan Anda perlu dibawa ke bengkel resmi untuk di spooring mobil jika ban terlihat miring saat parkir. Anda bisa mengeceknya di tempat parkir apakah rodanya miring atau tidak. Biasanya tidak semua ban akan tampak miring, hanya salah satunya. Ban yang miring sering terjadi di bagian depan.

Anda bisa melihat semua bagian ban apakah ada yang miring atau tidak. Jika ada maka setelah urusan Anda selesai langsung dibawa ke bengkel untuk diperbaiki.

  • Ada Bagian Kaki Mobil yang Rusak

Anda harus rutin memeriksa kondisi kaki mobil apakah ada yang rusak atau tidak. Anda bisa mengeceknya setiap hari sebelum mobil digunakan. Dalam hal ini memang harus dilakukan pengecekan secara rutin supaya mobil Anda tetap aman. Apalagi kaki mobil adalah bagian yang sangat penting.

Komponen yang bisa di cek di bagian kaki mobil diantaranya seperti link stabilizer, karet support, shockbreaker, tierod, dan bushing arm. Komponen-komponen tersebutlah yang membuat kaki mobil bisa berfungsi dengan baik. Jika salah satunya mengalami kerusakan, maka kaki mobil tidak bisa berfungsi.

Jika Anda tahu ada bagian yang rusak maka silahkan bawa ke bengkel resmi untuk dilakukan spooring balancing. Waktu ideal untuk melakukan balancing adalah 1 tahun sekali secara rutin. Balancing atau spooring dilakukan untuk membuat stabil bagian mobil yang penting.

Namun, yang perlu Anda ketahui bahwa jika ada komponen kaki mobil yang rusak, yakni lebih baik diganti dulu baru spooring. Sebab percuma saja jika melakukan spooring saat komponennya sudah rusak karena spooring yang dilakukan tidak bisa maksimal.

  • Ban Bagian Belakang Tidak Sejajar dengan Roda Depan

Untuk mengetahui apakah ban bagian belakang mobil Anda sejajar dengan yang depan adalah melihatnya dari jarak beberapa meter. Jika terlihat tidak selaras dengan bagian depan maka bisa dipastikan mobil Anda memerlukan spooring balancing.

Ban bagian belakang yang bergeser atau tidak berada di tempat yang semestinya juga menandakan mobil perlu di spooring. Anda harus cermat agar mobil Anda tetap terjaga dan stabil.

  • Terasa Aneh Ketika Belok

Coba untuk melewati jalanan yang bagus dan mulus atau beraspal, lalu belokan mobil. Jika Anda merasa rodanya miring dan bergerak tidak wajar maka tandanya mobil perlu di spooring dan balancing. Anda juga akan merasa muncul getaran saat berkendara dan tentu saja ini sangat mengganggu.

  • Setir Terasa Berat

Terkadang tanda mobil perlu di spooring balancing adalah ketika berkendara Anda merasakan berat di bagian setir ketika digerakkan. Ada beberapa kasus yang mengatakan bahwa setir menjadi sulit dikendalikan. Jika Anda merasakannya, langsung bawa ke bengkel resmi terdekat untuk diperbaiki.

Sosial Media

Kunjungi selalu sosial media kami untuk melihat promo produk yang masih berlaku saat ini. Konten-konten serta informasi menarik lainnya akan selalu kami Update pada sosial media kami.

Hubungi Hotline Kami Di

Temukan Mobil Suzuki Yang Tepat Untuk Anda !

Rencanakan pembelian mobil Suzuki idaman Anda dengan baik, konsultasikan dengan wiraniaga kami. Wiraniaga kami siap mambantu anda dalam memilih solusi terbaik. Kami akan selalu berkomitmen memberikan pelayanan terbaik untuk anda, baik before maupun after sales.

Kami melayani pembelian unit secara cash dan kredit dengan leasing terpercaya di kota Anda. Untuk mengetahui simulasi kredit Anda bisa melakukan registrasi terlebih dahulu pada form Simulasi Kredit. Klik tombol di bawah, masukan nama dan nomer telephone atau handphone Anda dengan benar. Agar wiraniaga kami bisa menghubungi Anda. Wiraniaga kami siap membantu anda dalam malakukan proses kredit dengan leasing-leasing terpercaya di kota Anda.

Catatan: Standar dan pilihan perlengkapan yang tersedia mungkin berbeda di pasaran. Tanyakan pada dealer Anda, apakah spesifikasi dan ilustrasi yang merujuk ke model tersedia di daerah. SUZUKI berhak untuk mengubah harga, warna, bahan, perlengkapan, dan model, serta menghentikan model tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *