kredit mobil tumbnail google

Beli Mobil dengan Kredit? Ini 4 Syarat Wajib Supaya Pengajuan Diterima

kredit mobil tumbnail google

Syarat Kredit Mobil

Membeli mobil secara kredit memerlukan pihak ketiga seperti perusahaan pembiayaan untuk membantu anda mencicil kendaraan. Ada syarat-syarat yang wajib dipenuhi supaya pengajuan diterima.

Supaya perusahaan pembiayaan menyetujui anda jadi nasabahnya, ada beberapa syarat awal yang harus dipenuhi. Walaupun setiap perusahaan pembiayaan atau leasing memiliki syarat bervariasi, secara garis besar ada 4 syarat kredit mobil yaitu ;

1. Pilihan Harga Mobil yang Sesuai Kemampuan

Leasing akan melihat pilihan mobil yang akan dikredit. Pemilihan mobil ini akan berpengaruh pada kondisi keuangan anda. Jika mobil yang dipilih harganya di luar jangkauan dompet anda ini akan menyulitkan leasing untuk menerima ajuan kredit.

Hal ini bukan syarat yang tertulis, tapi pihak leasing secara tidak langsung akan merekomendasikan anda untuk memilih kendaraan yang memungkinkan untuk dicicil. Soalnya kalau diterima begitu saja bisa jadi mobil tidak lunas cicilannya di kemudian hari. Kalau sudah pernah mengalami kredit macet, riwayat pembiayaan anda akan buruk dan akan sulit mengajukan kredit lagi.

2. Punya Rekening Sehat

Setelah mobil dipilih sesuai kemampuan finansial, rekening anda juga harus sehat. Rekening sehat bukan berarti anda punya uang yang banyak, melainkan memiliki pemasukan dan pengeluaran yang seimbang. Tentunya rekening anda juga harus bebas dari transaksi-transaksi mencurigakan.

3. Administrasi

Selanjutnya anda akan diminta untuk mengisi berkas administrasi. Sama seperti rekening, berkas administrasi juga menjadi bahan pertimbangan bagi pihak leasing untuk menyetujui atau menolak pengajuan kredit mobil Anda.

Berkas administrasi ini memerlukan kartu identitas (KTP), Kartu Keluarga, rekening koran atau tabungan (tiga bulan terakhir), NPWP, dan slip gaji. Dokumen-dokumen ini wajib ada.

Agar lebih jelas, syarat ini sebaiknya di tanya langsung ke leasing yang anda percaya.

4. Bayar Uang Muka

Apabila sudah menyelesaikan pengisian berkas administrasi, anda harus melakukan pembayaran uang muka. Untuk sebuah mobil atas nama pribadi, biasanya pihak pemberi kredit akan mengajukan uang muka 20-30% dari total harga.

Besarnya uang muka yang dibayarkan akan sangat memengaruhi nominal cicilan Anda. Makin besar DP yang dibayarkan, maka cicilan pun makin ringan. Namun, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan pihak leasing untuk mendapatkan perhitungan yang lebih detail.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: