Apa Itu OTR, Suzuki RMK

Apa Itu OTR dan Harga OTR Dalam Kredit Kendaraan?

Apa Itu OTR ?

Apa itu OTR ? OTR adalah istilah yang biasa digunakan dalam menginformasikan harga kendaraan bermotor. Istilah OTR ini banyak dijumpai di brosur-brosur penjualan kendaraan yang berisi harga kendaraan. Penetapan harga tersebut juga mencakup surat kendaraan seperti BPKB dan STNK.

Kepanjangan OTR yaitu On The Road. Harga OTR tersebut tergantung pada harga pasar terhadap kendaraan roda dua maupun roda empat. Selain On The Road, ada juga istilah Off The Road. Apa perbedaannya? Simak semua ulasan mengenai OTR dalam pembelian atau kredit kendaraan di bawah ini.

Pengertian OTR (On The Road)

Apakah Anda sudah mengetahui apa itu OTR? OTR merupakan kendaraan bermotor yang dijual dalam kondisi sudah terdaftar ke pihak terkait. Pihak terkait yang dimaksud antara lain Polri, Dispenda, dan Samsat. Di sini pembeli akan mendapatkan STNK, TNKB (plat nomor kendaraan), dan BPKB. 

Harga On The Road tersebut adalah harga beli atau harga jual kendaraan setelah ditambahkan biaya pajak dan berbagai dokumen yang diberikan. Dengan kata lain, harga On The Road adalah harga keseluruhan yang harus dibayar pembeli untuk mendapat kendaraan beserta dokumen-dokumennya. 

OTR adalah istilah yang sering dikenal dengan pembelian dan pendaftaran kendaraan. Namun, ternyata ada dua istilah OTR yang wajib diketahui, yakni On The Road dan Off The Road. Keduanya sama-sama ditawarkan oleh produsen otomotif atau dealer, namun keduanya mempunyai perbedaan. 

Anda akan sering melihat informasi harga OTR ini di brosur atau berbagai media penjualan kendaraan. Jika sudah mengenal dan memahami maksudnya, maka Anda bisa mengetahui banyaknya harga yang dituliskan di situ. Umumnya istilah OTR ini banyak digunakan pada kredit kendaraan bermotor. 

Penawaran kredit kendaraan bermotor yang diberikan oleh produsen atau dealer tersebut bermacam-macam. Di dalam brosur terdapat beberapa kategori pembayaran kredit sesuai dengan jenis kendaraan, waktu kredit atau tenor, dan berbagai persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon pembeli kendaraan.

Pengertian Off The Road

Selain menawarkan harga On The Road atau kendaraan siap jalan dengan perlengkapan surat kendaraan, produsen otomotif juga menawarkan pembelian Off The Road. Yang dimaksud harga Off The Road di sini belum termasuk pendaftaran dokumen atau surat-surat kendaraan. 

Jadi, pembeli hanya akan mendapatkan utuh kendaraan saja. Sedangkan status kendaraan masih milik pabrik. Anda akan mengeluarkan biaya kembali jika ingin mengurus surat-surat kendaraan tersebut. Surat-surat yang perlu diurus yaitu STNK dan BPKB, sehingga bisa mendapatkan plat nomor kendaraan.

Pembeli harus mengembalikan nama dari manufaktur pembelian dan mendaftarkan dengan atas nama pribadi. Dengan begitu, hak milik kendaraan akan beralih kepada pembeli. 

Penawaran penjualan kendaraan Off The Road ini mirip seperti yang dilakukan oleh biro jasa jika dilengkapi dengan pemberian dokumen kendaraan.

Pembeli akan memberikan uang kepada dealer dengan harga Off The Road. Lalu, dealer akan memberikan kendaraan tersebut tanpa disertai surat-surat. Pembeli perlu mendaftarkan kendaraan tersebut ke Polres dan Samsat setempat.

Apa itu OTR

Kelebihan dan Kekurangan Membeli di Harga On The Road

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa harga On The Road adalah harga jual kendaraan yang sudah didaftarkan ke pihak Polri, Dispenda, dan Samsat. Pendaftaran kendaraan tersebut meliputi pembuatan hak milik kendaraan, pembuatan STNK, TNKB, dan BPKB sebagai surat penting kendaraan. 

Harga On The Road ini biasanya tergantung dengan daerah regional tertentu. Misalnya OTR Jakarta, berarti harga kendaraan yang dijual berdasarkan harga pasar di Provinsi DKI Jakarta. Pembeli akan membawa unit kendaraan yang sudah mencakup STNK dan BPKB. 

Penawaran On The Road ini memiliki beberapa keuntungan. Misalnya saja pembeli sudah mendapatkan paket lengkap sehingga tidak perlu mengurus kembali surat kendaraan karena sudah didaftarkan. Kekurangannya yaitu biaya yang dikeluarkan relatif lebih banyak dibandingkan harga Off The Road.

Kekurangan lainnya yaitu harga yang tidak sama di setiap daerah. Jika di daerah tempat tinggal Anda harga pasar suatu tipe atau merek kendaraan tinggi, maka harga tersebut belum dihitung dengan harga pendaftaran surat-surat kendaraan bermotor. 

Kelebihan Dan Kekurangan Off The Road

Jika memilih penawaran Off The Road, sepertinya lebih hemat. Harganya lebih murah daripada harga On The Road. 

Di samping harganya yang lebih murah, ternyata Off The Road memiliki banyak kekurangan. Salah satu kekurangannya yaitu Anda perlu wara-wiri untuk mengurus surat-surat kendaraan.

Anda harus mengurus ke Samsat untuk membuat berbagai surat kendaraan. Misalnya STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan), TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor), dan BPKB. Meskipun harus pergi kesana kemari untuk mengurus pendaftaran kendaraan bermotor, biaya yang dikeluarkan cukup sedikit.

Biaya tersebut masih kalah jauh dengan biaya paket kendaraan dan pendaftaran pada harga On The Road. Meski dengan harga On The Road Anda sudah mendapatkan surat kendaraan, namun keuntungan masih lebih dirasa hemat dengan memilih harga Off The Road.

Hal tersebut karena pada harga On The Road, produsen atau dealer sudah memperhitungkan profit dalam membuat harga. Harga jual kendaraan beserta penawaran pengurusan pendaftaran surat kendaraan tersebut sudah termasuk biaya jasa yang dilakukan pihak dealer

Penyebab Perbedaan Harga OTR di Setiap Daerah

Mengapa harga OTR berbeda-beda di setiap daerah? Alasannya adalah harga tersebut bergantung pada harga pasar di tiap daerah dengan biaya biro jasa yang digunakan oleh dealer. Oleh karena itu, harga bisa berbeda-beda tergantung produsen atau dealer, serta tarif biro jasanya. 

Produsen atau dealer tersebut akan bekerja sama dengan biro jasa dalam mendaftarkan kendaraan motor ke instansi terkait seperti Samsat, Polres, dan Dispenda. Bantuan biro jasa yang membantu tersebut sudah dimasukkan ke dalam harga jual OTR sehingga sudah menjadi harga paket.

Selain biro jasa, biaya lain yang dimasukkan dalam harga jual On The Road yaitu NJKB sebagai harga asli kendaraan. Kemudian biaya PKB (Pajak), serta SW Jasa Raharja dan non pajak. Non pajak tersebut meliputi STNK, STCK (Surat Tanda Coba Kendaraan), TNKB), dan BPKB. 

Biaya Bea Balik Nama (BBN-KB) dari manufaktur ke pembeli pun berbeda-beda setiap daerah. Misalnya Jatim sebesar 15 %, DIY 10%, dan masih banyak lagi. Persentase pajak (PKB) tiap daerah juga berbeda-beda. Hal tersebut juga berlaku pada NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor). 

Perkiraan harga untuk penerbitan STNK yaitu Rp 100.000, sedangkan untuk penerbitan STCK sebesar Rp 25.000. Kemudian biaya pembuatan TNKB yaitu 60 ribu, dan pembuatan BPKB sebesar Rp 225.000. Hal tersebut tidak terjadi pada Off The Road karena pembeli hanya mengeluarkan biaya untuk harga asli kendaraan saja. 

Setelah mengetahui apa itu OTR dan harga OTR, kini Anda sudah bisa membedakan antara On The Road dan Off The Road. Kira-kira lebih tertarik yang mana? Anda bisa memilih sesuai keinginan dan keuntungan yang ingin didapatkan.

Sosial Media

Kunjungi selalu sosial media kami untuk melihat promo produk yang masih berlaku saat ini. Konten-konten serta informasi menarik lainnya akan selalu kami Update pada sosial media kami.

Hubungi Hotline Kami Di

Temukan Mobil Suzuki Yang Tepat Untuk Anda !

Rencanakan pembelian mobil Suzuki idaman Anda dengan baik, konsultasikan dengan wiraniaga kami. Wiraniaga kami siap mambantu anda dalam memilih solusi terbaik. Kami akan selalu berkomitmen memberikan pelayanan terbaik untuk anda, baik before maupun after sales.

Kami melayani pembelian unit secara cash dan kredit dengan leasing terpercaya di kota Anda. Untuk mengetahui simulasi kredit Anda bisa melakukan registrasi terlebih dahulu pada form Simulasi Kredit. Klik tombol di bawah, masukan nama dan nomer telephone atau handphone Anda dengan benar. Agar wiraniaga kami bisa menghubungi Anda. Wiraniaga kami siap membantu anda dalam malakukan proses kredit dengan leasing-leasing terpercaya di kota Anda.

Catatan: Standar dan pilihan perlengkapan yang tersedia mungkin berbeda di pasaran. Tanyakan pada dealer Anda, apakah spesifikasi dan ilustrasi yang merujuk ke model tersedia di daerah. SUZUKI berhak untuk mengubah harga, warna, bahan, perlengkapan, dan model, serta menghentikan model tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: