Radiator Overheat Suzuki RMK

Air Radiator Penuh Tapi Masih Overheat? Ini Dia Penyebabnya!

Overheat

Radiator memiliki fungsi yang vital bagi kinerja mesin mobil. Fungsi utamanya ialah menjaga suhu mesin tetap dalam kondisi prima. Namun sayang, masih banyak pengemudi yang mengeluh, ketika mendapati kondisi air radiator penuh. Tapi mesin tetap panas alias overheat. 

Jika Anda pernah mengalami hal serupa, sebaiknya kalian mulai berhati-hati, akibatnya bisa sangat fatal mengingat mesin merupakan ‘jantung’ kendaraan. 

Jadi apa saja penyebab air radiator penuh tapi mesin panas pada mobil? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Radiator Bocor

Air radiator Overheat

Radiator mobil bisa bocor atau rusak karena umurnya sudah tua atau tersenggol benda keras saat di jalan. Ini bisa menjadi salah satu penyebab air radiator penuh tapi mesin panas pada mobil Anda. 

Masalah radiator bocor atau rusak juga disebabkan karena pemakaian air biasa atau air yang kotor, sehingga lama kelamaan komponen radiator akan keropos satu per satu.

2. Radiator Kering

Jika mesin mulai kepanasan, cobalah periksa radiator mobil Anda. Bisa jadi radiator mobil Anda kering karena kehabisan air radiator.

Ada dua faktor penyebab radiator kering, yakni sistem sirkulasi radiator bocor dan suhu mesin yang menguap. 

Ketika cairan di tangki radiator menyusut, bahkan sampai habis, proses pendinginan gagal dilakukan, sehingga mengakibatkan mesin mobil overheat.

3. Karet Tutup Radiator Rusak

Tutup Radiator overheat

Tutup radiator berbahan dasar karet berguna untuk menjaga tekanan air panas dalam sistem pendingin mobil. 

Ketika tutup radiator ini rusak karena terkena air radiator yang keluar saat suhu panas, maka tutup radiator ini tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. 

Hal ini yang membuat mesin menjadi panas. Masalah lain pada tutup radiator adalah tidak sesuai dengan spesifikasi mobil. Hal ini dapat mengganggu kerja sistem pendinginan.

4. Motor Fan Tidak Berfungsi

Penyebab air radiator penuh tapi mesin panas lainnya bisa disebabkan karena motor fan atau kipas radiator tidak berfungsi. Motor fan ini layaknya kipas pada umumnya, mengusir panas di mesin. 

Dengan begitu, temperatur suhu mesin tetap terjaga. Kalau motor fan mati, yang terjadi adalah tidak ada lagi hembusan angin untuk mendinginkan coolant di radiator. Alhasil, suhu mesin pun semakin panas.

Semoga infomasi ini bermanfaat untuk Anda. Jadi Anda tak perlu panik dan bingung ketika air radiator penuh tapi mesin panas pada mobil. 

Sosial Media

Kunjungi selalu sosial media kami untuk melihat promo produk yang masih berlaku saat ini. Konten-konten serta informasi menarik lainnya akan selalu kami Update pada sosial media kami.

Hubungi Hotline Kami Di

Temukan Mobil Suzuki Yang Tepat Untuk Anda !

Rencanakan pembelian mobil Suzuki idaman Anda dengan baik, konsultasikan dengan wiraniaga kami. Wiraniaga kami siap mambantu anda dalam memilih solusi terbaik. Kami akan selalu berkomitmen memberikan pelayanan terbaik untuk anda, baik before maupun after sales.

Kami melayani pembelian unit secara cash dan kredit dengan leasing terpercaya di kota Anda. Untuk mengetahui simulasi kredit Anda bisa melakukan registrasi terlebih dahulu pada form Simulasi Kredit. Klik tombol di bawah, masukan nama dan nomer telephone atau handphone Anda dengan benar. Agar wiraniaga kami bisa menghubungi Anda. Wiraniaga kami siap membantu anda dalam malakukan proses kredit dengan leasing-leasing terpercaya di kota Anda.

Catatan: Standar dan pilihan perlengkapan yang tersedia mungkin berbeda di pasaran. Tanyakan pada dealer Anda, apakah spesifikasi dan ilustrasi yang merujuk ke model tersedia di daerah. SUZUKI berhak untuk mengubah harga, warna, bahan, perlengkapan, dan model, serta menghentikan model tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: